KPK Akhirnya Ungkap Ada 75 Pegawainya Tak Lulus Tes Kebangsaan

Rabu, 05 Mei 2021 - 17:50 WIB
loading...
KPK Akhirnya Ungkap Ada 75 Pegawainya Tak Lulus Tes Kebangsaan
Pimpinan KPK menggelar jumpa pers mengenai hasil tes wawasan kebangsaan yang dijalani pegawai KPK. Foto/SINDOnews/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron mengungkapkan sebanyak 75 pegawai KPK tidak lolos tes wawasan kebangsaan.

Ghufron mengungkapkan itu dalam jumpa pers mengenai hasil Aassesmen Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta pada hari ini Rabu (5/5/2021).

Nurul Ghufron menjelaskan, sepanjang tanggal 18 Maret-9 April 2021, KPK bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) telah melakukan TWK bagi 1.351 pegawai KPK.

"Pegawai yang memenuhi syarat 1.274, pegawai yang tidak memenuhi syarat 75 orang, pegawai yang tidka hadir wawancara 2 orang," kata Nurul Ghufron.

Alih status pegawai KPK menjadi ASN semata-mata demi melaksanakan amanat dan pelaksanaan UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Pembukaan hasil TWK dilakukan siang ini sekira pukul 14.00 WIB. "Kami buka tadi siang sekitar jam 14.00 WIB," kata Ghufron.

Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan dalam proses pengalihan pegawai KPK telah dipersiapkan secara matang. "Proses pengalihan pegawai KPK menjadi ASN telah disiapkan secara matang baik berkerja sama dengan seluruh pihak," jelasnya.

Selain itu, Firli, menegaskan bahwa pihaknya akan tetap berpegang teguh untuk independen dan tidka terpengaruh apapun. "KPK sampai hari ini tetap independen dan melakukan tugas tanpa pengaruh apa pun. KPK tidak lemah dan tidak bisa dilemahkan,," kata Firli.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)