Bertemu Menkominfo, Panglima TNI Bahas Pembangunan 5.000 BTS

Rabu, 05 Mei 2021 - 17:28 WIB
loading...
Bertemu Menkominfo, Panglima TNI Bahas Pembangunan 5.000 BTS
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerima kunjungan kerja (Kunker) Menkominfo Jonny G Plate di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/5/2021). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerima kunjungan kerja (Kunker) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jonny G Plate di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/5/2021).



Kominfo, jelas Jonny akan membangun BTS tersebut di area yang tidak dimasuki operator seluler. Terkhususnya tiga karakteristik wilayah, antra lain, daerah tertinggal, terdepan, dan terluar.

"Hari ini secara khusus saya bertemu dengan Panglima TNI untuk menterjemahkan secara teknis program-program dan kebijakan Presiden Joko Widodo di sektor Kominfo," ungkapnya.

Jonny menjelaskan, nantinya Kominfo akan menggandeng TNI untuk membantu pengamanan pembangunan infrastruktur digital atau teknologi informasi dan komunikasi yang lebih memadai di seluruh wilayah tanah air khususnya di Papua.

"Hal tersebut untuk mengantisipasi gangguan keamanan selama proses pembangunan BTS di wilayah Papua, mulai dari pengiriman logistik dan bahan yang akan digunakan dalam membangun BTS,” tuturnya.

Menanggapi hal ini, Panglima TNI Hadi menyambut baik rencana kerja sama antara TNI dan Kominfo. Menurut dia, TNI akan mendukung penuh rencana pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo.

“Hal ini merupakan program pemerintahan Presiden Joko Widodo yang menargetkan pembangunan konektivitas digital yang menghubungkan seluruh pelosok Nusantara,” ujar Hadi.

Hadi menuturkan, bahwa TNI akan membantu keamanan selama dan sesudah pembangunan BTS di daerah terpencil di seluruh wilayah Indonesia. Menurutnya, pengamanan tersebut menjadi penting dilakukan untuk mempercepat proses peningkatan fasilitas dan kemampuan di bidang teknologi informasi di berbagi sektor.

“Pembangunan infrastruktur digital oleh Kementerian Kominfo merupakan program strategis yang harus didukung untuk pemerataan akses internet di seluruh wilayah Indonesia. Dengan adanya pemerataan akses internet, maka dapat mendukung sistem pertahanan negara dan mempermudah pelaksanaan tugas pokok TNI,” ujarnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)