Warning BMKG Terkait Potensi Pertumbuhan Siklon Tropis di Indonesia

Senin, 03 Mei 2021 - 03:06 WIB
loading...
Warning BMKG Terkait Potensi Pertumbuhan Siklon Tropis di Indonesia
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerangkan pertumbuhan siklon tropis di wilayah Indonesia. Ingin tahu penjelasannya simak uraiannya. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerangkan potensi pertumbuhan siklon tropis di wilayah Indonesia. Ingin tahu penjelasannya simak uraiannya.



"Dari data 11 kejadian siklon tropis yang tumbuh dekat wilayah Indonesia sejak tahun 2008 tersebut, terdapat 3 siklon tropis yang tumbuh di sekitar Nusa Tenggara Timur (Kirrily, Lili, Seroja). Lalu 7 siklon tropis tumbuh di sekitar Samudra Hindia barat daya Lampung (Durga, Anggrek, Bakung, Dahlia, Flamboyan, Kenanga, Mangga) dan 1 siklon tropis yang tumbuh di selatan Jawa Tengah (Cempaka)," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangannya yang diterima, Minggu (2/5/2021).

Dua siklon tropis yang tumbuh di sekitar wilayah Nusa Tenggara Timur sejak 2008 terjadi pada bulan April (Kirrily dan Seroja), dengan 1 kejadian siklon tropis terjadi pada bulan Mei (Lili). Sedangkan siklon tropis yang terjadi di sekitar Samudra Hindia sebelah barat daya Lampung cukup variatif terjadi pada bulan April, Mei, Nopember, Desember.

"Sehingga dapat dikatakan bahwa secara umum potensi pertumbuhan siklon tropis di selatan Indonesia cukup signifikan pada periode April, Mei, Nopember, dan Desember, dengan potensi siklon tropis di wilayah NTT pada bulan Mei sangat kecil," ungkapnya.

Berdasarkan data klimatologis, pada periode bulan Mei hingga Desember pertumbuhan siklon tropis akan lebih terkonsentrasi terjadi di wilayah Belahan Bumi Utara.

"Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak panik dengan isu kemungkinan berulangnya fenomena siklon tropis di wilayah Nusa Tenggara Timur terutama pada bulan Mei hingga Oktober dan diimbau tetap aktif memantau perkembangan potensi cuaca dari BMKG," tukasnya.

BMKG sebagai Pusat Peringatan Dini Siklon Tropis tetap terus melakukan monitoring terhadap potensi pertumbuhan siklon tropis yang dapat berdampak pada potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia, baik yang terjadi di Belahan Bumi Selatan maupun Utara.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)