Hari Ini Jokowi Umumkan Reshuffle Kabinet?

Rabu, 28 April 2021 - 04:48 WIB
loading...
Hari Ini Jokowi Umumkan Reshuffle Kabinet?
Presiden Jokowi disebut-sebut akan mengumumkan perubahan atau reshuffle kabinet hari ini. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Isu reshuffle kabinet kembali menguat. Benarkah Rabu 28 April 2021 hari ini Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet? Sebab selama kepemimpinannya Presiden Jokowi selalu mengumumkan reshuffle kabinet pada hari Rabu.

Pertama kali Jokowi memilih hari Rabu untuk mengumumkan reshuffle yakni 12 Agustus 2015. Reshuffle kabinet berikutnya juga diumumkan pada Rabu, yaitu 27 Juli 2016. Begitu pula terakhir pada 23 Desember 2020 lalu.



Isu reshuffle berembus makin kencang setelah Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin ikut berkomentar. Dia menyebut reshuffle bakal terjadi Rabu pekan lalu. Tetapi belakangan dia meminta masyarakat untuk menunggu.

Apalagi, hanya Presiden Jokowi yang mengetahui kapan reshuffle kabinet akan dilakukan. “Kita bareng-bareng tunggu ya,” tegasnya.



Reshuffle kabinet menguat menyusul perubahan nomenklatur Kementerian. Presiden Jokowi akan melantik Menteri Investasi serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sejumlah kabar yang beredar, Presiden akan melantik Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Investasi. Sementara Nadiem Makarim tetap menjadi Menteri Pendidikan yang kemudian akan digabung dengan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Dalam bahasa rakyat, hanya Presiden Joko Widodo dan Tuhan YME yang tahu, kapan, siapa yang akan menduduki jabatan menteri, setidaknya di dua kementerian baru tersebut. Atau dalam bahasa legal, reshuffle adalah hak prerogatif presiden,” ungkapnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2799 seconds (0.1#10.140)