MNC Peduli Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa Malang

Senin, 26 April 2021 - 21:32 WIB
loading...
MNC Peduli Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa Malang
Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo. Foto/MNI/Widya Michella
A A A
JAKARTA - Gempa bumi bermagnitudo 6,1 telah mengguncang Malang, Jawa Timur dan sekitarnya, 10 April 2021. Musibah tersebut berdampak terhadap warga di 15 kabupaten/kota di Jawa Timur, mulai dari Probolinggo hingga Ponorogo yang menyebabkan ribuan rumah dan ratusan fasilitas umum rusak, termasuk bangunan sekolah.

Menurut data BPBD pada 20 April 2021, dari total 10.482 rumah yang mengalami kerusakan, sebanyak 4.490 rumah mengalami kerusakan kategori ringan, 4.104 rumah mengalami kerusakan sedang, dan 1.888 rumah lainnya rusak berat.

Selain itu, sebanyak 641 fasilitas umum juga rusak, di antaranya terdiri atas 226 sekolah, 233 rumah ibadah, 23 unit fasilitas kesehatan, dan 159 fasilitas umum lainnya.

Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang merupakan salah satu wilayah terdampak gempa paling parah, dan masih menyisakan banyak pengungsi yang belum bisa kembali ke rumahnya. Tidak hanya berdampak secara fisik, gempa juga menyisakan trauma terhadap anak-anak.

Untuk membantu kebutuhan para pengungsi, MNC Peduli menyalurkan kebutuhan sehari-hari berupa sabun, susu, diampers dan lainnya pada Sabtu 24 April 2021.

MNC Peduli bekerja sama dengan lembaga swadaya setempat juga memberikan trauma healing kepada anak-anak setempat dengan mengajak anak-anak bermain dan mewarnai.

Bupati Malang HM Sanusi mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan MNC Peduli kepada warganya yang terdampak gempa. Menurut dia, itu menunjukkan semangat gotong royong dan kerja sama antarpihak.

"Kita berharap akan kebersamaan gotong royong di Indonesia ini bisa bangkit kembali. Ketika saudara-saudara kita kena musibah, yang lain pun harus merasakan dan ikut bersama-sama meringankan beban dan mencari solusi agar bangkit lagi dalam kehidupan," tutur Sanusi.

Baca juga: Raih Penghargaan, MNC Peduli Ingin Beri Bantuan Secara Berkelanjutan


Saat ditemui MPI di MNC Park Tower Jakarta, Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo menyatakan berduka cita atas gempa malang dan merespons dengan membantu memberikan barang-barang yang dapat meringankan beban mereka dalam kesehariannya.

"Barang yang kami berikan seperti diapers, susu dan peralatan mandi. Harapan ke depan tentunya lebih banyak lagi masyarakat dan koorporasi yang ikut serta membantu saudara-saudari kita yang terkena bencana," tutur Jessica.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)