53 Awak Nanggala-402 Gugur, Pemuda Muhammadiyah: Selamat Jalan Pahlawan Bangsa

Senin, 26 April 2021 - 09:14 WIB
loading...
53 Awak Nanggala-402 Gugur, Pemuda Muhammadiyah: Selamat Jalan Pahlawan Bangsa
Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto menyampaikan dukacita atas gugurnya 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam di Perairan Utara Bali.

"Semoga seluruh awak kapal mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT, dan kelurga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keteguhan," kata pria yang akrab disapa Cak Nanto, melalui pesan tertulis, Senin (26/4/2021).

Pemuda Muhammadiyah percaya tugas mulia putra-putri terbaik bangsa itu didasari atas kecintaan yang tulus dalam menjaga kedaulatan laut Indonesia. Sehingga, Cak Nanto berkeyakinan para prajurit tersebut adalah orang baik dan layak mendapatkan tempat abadi di surga.



" Pemuda Muhammadiyah dan seluruh bangsa Indonesia utang budi dan utang rasa kepada para prajurit, patriot bangsa, dan tugas kami selanjutnya bagaimana memiliki kesadaran penuh menjaga kedaulatan laut kita, sebagaimana perjuangan 53 awak kapal yang tanpa lelah mengarungi samudera Indonesia dan tetap kokoh berada di kedalaman laut kita," tutur Cak Nanto.

Ia berharap pemerintah memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada seluruh awak kapal yang gugur di medan tugas.

"Dan akhirnya 'Jalesveva Jayamahe' selamat jalan pahlawan bangsa, Indonesia akan mencatat mereka sebagai prajurit yang kokoh, dan berdiri atas nama kedaulatan wilayah Indonesia. Kami berharap, ke-53 prajurit KRI Nanggala, hiu kencana tercatat dalam sejarah dan menjadi simbol keberanian dan keteguhan mereka dalam menjaga kedaulatan seluruh wilayah Indonesia," ucap Cak Nanto.



Sebagaimana diketahui, KRI Nanggala-402 tenggelam di kedalaman 850 meter. Seluruh awak kapal selam tersebut dinyatakan telah gugur. Tim gabungan juga menemukan sejumlah bagian dari kapal tersebut.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3684 seconds (0.1#10.140)