Belajar dari India, DPR Ingatkan Jangan Euforia Berlebihan Usai Vaksinasi

Senin, 26 April 2021 - 07:32 WIB
loading...
Belajar dari India, DPR Ingatkan Jangan Euforia Berlebihan Usai Vaksinasi
Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo menyoroti soal kemunculam kasus positif Covid-19 setelah divaksin di sejumlah daerah di Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo menyoroti soal kemunculam kasus positif Covid-19 setelah divaksin di sejumlah daerah di Indonesia. Dia mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak lalai dan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, dan Indonesia harus belajar pada apa yang terjadi di India.



Oleh karena itu, Rahmad menegaskan, terhadap kesalahpahaman dan kekurangtahuan masyarakat terhadap vaksin dan fungsinya, ia mendorong seluruh pihak yang berkepentingan baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah (pemda), tenaga kesehatan (nakes) serta seluruh fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di manapun berada untuk menyosialiasi dan mengedukasi masyarakat, bahwa setelah vaksinasi wajib hukumnya untuk tetap melakukan penerapan protokol kesehatan.

Rahmad mengusulkan, dalam setiap kegiatan vaksinasi perlu dibuat desk tersendiri untuk menyosialisasikan hal tersebut, baik dalam bentuk nasihat dari petugas, pengumuman lewat selebaran, maupun bentuk lainnya agar setelah vaksinasi setiap orang harus dan wajib menerapkan protokol kesehatan. Karena edukasi dan sosialisasi menjadi sangat penting dan menjadi kunci dalam perang melawan Covid-19, terlebih setelah ditemukanya kasus terpapar Covid-19 setelah divaksinasi.

"Sangat dimungkinkan terpapar Covid-19 setelah divaksin dikarenakan lalai dan abai terhadap protokol lesehatan. Bila edukasi dan sosialisasi berjaan baik dan masyarakat mengerti apa fungsi dan kerja vaksin serta masih sangat dimungkinkan akan terkena Covid-19, maka kita yakin kita bisa kendalikan pandemi ini secara bergotong royong," tandas Rahmad.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)