Evakuasi KRI Nanggala-402, Panglima TNI Akan Berkoordinasi dengan ISMERLO

Minggu, 25 April 2021 - 19:15 WIB
loading...
Evakuasi KRI Nanggala-402, Panglima TNI Akan Berkoordinasi dengan ISMERLO
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan akan berkoordinasi dengan International Submarine Escape And Rescue Leaison Office (ISMERLO) terkait dengan upaya evakuasi KRI Nanggala 402. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan akan berkoordinasi dengan International Submarine Escape And Rescue Leaison Office (ISMERLO) berkaitan dengan langkah selanjutnya terhadap KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan utara Bali. Hal ini disampaikannya setelah kapal selam KRI Nanggala-402 ditemukan di kedalaman 838 meter di selatan tempat tenggelam pertama kali.

“Selanjutnya pemerintah Indonesia akan berkoordinasi dengan ISMERLO untuk mengupayakan langkah selanjutnya. Hal ini diperlukan karena untuk mengevakuasi KRI Nanggala 402 tentunya diperlukan kerjasama internasional,” katanya, Minggu (25/4/2021).

Sementara itu Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan setelah adanya penemuan ini pihaknya akan berusaha untuk mengangkat kapal selam KRI Nanggala-402 ke permukaan. Terkait dengan pengangkatan kapal tersebut, Yudo menyebut bahwa banyak negara menawarkan bantuan. “Kita akan berusaha mengangkat kapal ini, walaupun dengan kedalaman 838 meter tadi. Dan tentunya di dalam organisasi ISMERLO juga ada rekan-rekan kita dari luar yang menawarkan ini,” ujarnya.

Terkait tawaran tersebut dia mengatakan akan mengajukan persetujuan terlebih dahulu kepada Panglima TNI. “Namun demikian karena ini perlu keputusan pemerintah. Tentunya saya akan mengajukan ke Panglima TNI yang nanti secara berjenjang ke atas. Dan tentunya nantinya kalaupun sudah ada keputusan pasti kita angkat kapal itu,” ungkapnya

Dia memastikan komitmennya untuk mengangkat kapal tersebut. Hal ini juga yang dimintakan oleh kelompok Hiu Kencana. “Warga Hiu Kencana meminta untuk kapal ini diangkat. Ini langkah berikutnya yang kita ajukan ke atas,” tuturnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)