Ratusan Prajurit TNI dan Tiga KRI Dikerahkan Amankan KTT ASEAN

Sabtu, 24 April 2021 - 19:20 WIB
loading...
Ratusan Prajurit TNI dan Tiga KRI Dikerahkan Amankan KTT ASEAN
Ratusan personel dari Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta tengah bersiaga. Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Dalam upaya mendukung pengamanan forum ASEAN Leader's Meeting atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Tahun 2021 yang digelar di Jakarta, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta mengerahkanpersonelnya dari beberapa unsur pendukung.

Asisten Operasi (Asops) Danlantamal III Kolonel Laut (P) Saryanto selaku Komandan Satgas PAM VVIP memastikan dalam pengamanan ini, pihaknya telah mempersiapkan personel serta unsur pendukung lainnya dalam dua pengamanan.

"Ada dua pengamanan yang di kerahkan atau disiagakan baik itu personel pengamanan di darat maupun personel serta kapal untuk pengamanan di laut," Kata Saryanto saat dikonfirmasi Sabtu (24/4/2021).

Menurut Saryanto, pengamanan di darat terdiri dari 1 SSK Prajurit Mako Lantamal III, dan 1 SSK Prajurit Yonmarhanlan III, dan pengamanan laut yang terdiri dari kapal perang atau KRI Teluk Sibolga 536, KRI Tenggiri-865, KRI Cucut- 866, serta Tim Kopaska Koarmada I.



Sementara itu, Komandan Lantamal III Brigjend TNI (Mar) Umar Farouq menegaskan, prajurit Lantamal III siap mendukung pengamanan dalam pelaksanaan kegiatan Asean Leader's Meeting yang dilaksanakan di Jakarta akhir pekan ini.

"Jadi di dalam kegiatan Asean Leader's Meeting yang diikuti oleh negara-negara di Asia Tenggara ini adalah Konferensi Tingkat Tinggi negara ASEAN ini kami Lantamal akan mendukung terkait pengamanannya," tutur Farouq.

Adapun acara Asean Leader's Meeting ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama multilateral dalam berbagai bidang dan menyikapi perkembangan situasi terkini serta membahas isu-isu regional dan Internasional.

(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2325 seconds (0.1#10.140)