Panggung Kahanan Menghidupkan Kembali Para Seniman

Rabu, 21 April 2021 - 23:02 WIB
loading...
Panggung Kahanan Menghidupkan Kembali Para Seniman
Panggung Kahanan yang diinisiasi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo diawali di Kabupaten Kendal pada Rabu (21/4/2021).
A A A
KENDAL - Panggung Kahanan yang diinisiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali hadir dan roadshow di enam kabupaten/kota, antara lain Kendal, Pati, Kota Magelang, Cilacap, Kota Solo, dan Kota Pekalongan.

Roadshow diawali di Kabupaten Kendal pada Rabu (21/4/2021), kehadiran Panggung Kahanan session ketiga ini menjadi upaya menghidupkan kembali panggung kesenian yang mati suri karena pandemi, tentunya dengan konsep yang aman sesuai protokol kesehatan dan disiarkan secara virtual melalui akun Youtube dan Facebook Ganjar Pranowo. Dengan begitu, seniman berbagai genre di Jawa Tengah tetap dapat berekspresi dan berkarya di tengah Pandemi Covid-19.

Salah satu musisi Kendal, Mutik Nida menanggapi positif diselenggarakannya roadshow Panggung Kahanan itu. Menurutnya, dengan roadshow akan semakin banyak seniman di daerah-daerah yang ikut terlibat. "Ini sangat bagus, kalau bisa malah ditambah lagi (kota) biar tidak ada yang iri," kata Mutik di sela-sela acara.

Pemain kendang dangdut itu menceritakan, selama pandemi seniman sangat kesulitan untuk pentas, sehingga Panggung Kahanan adalah solusi yang tepat bagi para seniman.

"Ya lebih dari satu tahun ini pandemi. Kalau main masih, tapi harus terbatas, lesehan. Dari (Panggung Kahanan) saya berterima kasih kepada Pak Ganjar dan semua tim kreatifnya," katanya.

Hal senada disampaikan Fadia, jebolan Pop Academy Indosiar yang ikut menyumbang suara emasnya saat roadshow Panggung Kahanan di Kabupaten Kendal. Ia memuji acara Panggung Kahanan, baik secara konsep maupun teknis.

"Acaranya keren, panggungnya keren dan sound systemnya juga bagus," kata Fadia.

Lebih lanjut, vokalis Behold Band juga ikut menyampaikan harapannya agar program tersebut terus dikembangkan karena kondisi pandemi memerlukan inovasi-inovasi agar tetap bertahan.

"Sejak pandemi manggung susah ya. Jarang banget. Harapannya Panggung Kahanan dikembangkan lagi. Pokoknya asik,"kata Faris, vokalis Behold Band.

Sebagai informasi, mulanya Panggung Kahanan dihelat pertama kali pada 2020 bertempat di komplek Rumah Dinas Gubernur Jateng. Kemudian session kedua ditayangkan secara langsung di TVRI sehingga dapat disaksikan secara luas oleh masyarakat. Panggung Kahanan ini menjadi wadah bagi seniman Jateng untuk tetap bisa berkreasi dan menghibur masyarakat di tengah pandemi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)