Deretan Kekejaman KKSB terhadap Warga Sipil di Papua

loading...
Deretan Kekejaman KKSB terhadap Warga Sipil di Papua
KKSB di Papua masih terus melakukan kekejaman. Mulai dari penembakan, pembunuhan, penyanderaan, hingga melakukan pembakaran pesawat serta fasilitas publik. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
JAKARTA - Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Papua masih terus melakukan kekejaman. Mulai dari penembakan, pembunuhan, penyanderaan, hingga pembakaran pesawat serta fasilitas publik.

Baca juga: TNI-Polri Siap Tindak Tegas KKSB yang Kembali Menebar Teror

Perwira Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Letnan Kolonel Laut KH Deni Wahidin mencatat, setidaknya terjadi 15 kali kekejaman KKSB terhadap masyarakat sipil atau nonmiliter hingga 15 April 2021.

Baca juga: KKSB Berulah Lagi, Bikin Aksi Teror dan Kekerasan di Intan Jaya

Berikut daftar kekejaman KKSB itu:



1. Pesawat MAF Dibakar KKSB

Pesawat MAF PK-MAX Jenis Codiak di Kampung Pagamba Distrik Biandoga Kabupaten Intan Jaya Provinsi Papua dibakar oleh KKSB Intan Jaya pimpinan Undius Kogoya (KSB wilayah Distrik Sugapa) dan Ayun Zagani (KSB wilayah Distrik Wandai) pada 6 Januari 2021.

2. Helikopter Bell Ditembak KKSB

Pada 6 Januari 2021, Helikopter Bell 407 HP/PK-ZGM milik PT.Sayap Garuda Indah ditembak oleh KKSB Tembagapura di area Benangin Kampung Tsinga Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika Provinsi Papua.

3. Tower BTS 5 Dibakar KKSB



KKSB di bukit Duagi Wilayah Muara Distrik Mabuggi Kabupaten Puncak Provinsi Papua melakukan pembakaran tower BTS 5 PT.Palapa Ring Timur Telematika pada 8 Januari 2021.

4. KKSB Panah 2 Warga Sipil

Dua orang warga dipanah KKSB pada 13 Januari 2021. Dua warga itu adalah Sentot (35) warga asal Madiun yang terkena panah di bagian leher sebelah kanan, dan Taperinus (28) yang terkena panah di bagian dada sebelah kanan. Peristiwa itu terjadi di Jalan Cendrawasih SP 3 Karangsenang Kuala Kencana Kabupaten Mimika Provinsi Papua atau di sekitar bekas kantor GSBJ Timika).
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top