Laga Pilpres 2024, Kepala Daerah vs Menteri Jokowi

Sabtu, 17 April 2021 - 09:01 WIB
loading...
Laga Pilpres 2024, Kepala Daerah vs Menteri Jokowi
Dari kiri ke kanan: Prabowo Subianto, Erick Thohir, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo. Foto/SINDOnews/Instagram/ANTARA
A A A
JAKARTA - Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 masih cukup jauh, yakni tiga tahun lagi. Namun, sejumlah lembaga survei telah mengumumkan nama-nama tokoh yang berpeluang menjadi calon presiden (capres) 2024 mendatang.

Nama-nama itu di antaranya mulai dari pemimpin partai politik, menteri Kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin saat ini hingga kepala daerah. Seperti hasil survei terbaru mengenai calon pemimpin 2024 yang diselenggarakan oleh Lembaga Survei KedaiKOPI pada akhir Maret hingga awal April lalu.

Dalam survei yang dilakukan pada 29 Maret-4 April 2021 dengan menggunakan telepon (telesurvei) kepada 1260 responden yang berada di 34 provinsi itu, terdapat nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Kemudian, nama lain adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Ketua DPR dari Fraksi Nasdem Rachmat Gobel, Pengusaha Chairul Tanjung, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta sekaligus Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat selama 2008-2018, Tuan Guru Bajang (TGB) M Zainul Majdi.

Ujang menjelaskan bahwa tidak ada petahana atau incumbent di Pilpres 2024 mendatang. “Pertarungan akan bebas dan siapa pun bisa bersaing, asal memiliki popularitas dan elektabilitas tinggi. Termasuk kepala daerah dengan para Menteri,” tuturnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)