Rocky Gerung soal PAN Gabung Istana: Matahari Terbit Kok Mau Masuk Wilayah Terbenam?

Jum'at, 16 April 2021 - 15:17 WIB
loading...
Rocky Gerung soal PAN Gabung Istana: Matahari Terbit Kok Mau Masuk Wilayah Terbenam?
Rocky Gerung menilai PAN sebagai partai ajaib yang selalu tersandera oleh masalah hukum ketua umumnya dan sikap kritis para kadernya. Foto/youtube
A A A
JAKARTA - Untuk kesekian kalinya, Partai Amanat Nasional (PAN) kembali santer disebut-sebut bakal merapat masuk koalisi pemerintah seiring mencuatnya rencana reshuffle kabinet . Pos yang secara tradisiona; dianggap sebagai "milik" PAN adalahmendkibud.

Pada reshuffle pertama beberapa waktu lalu, PAN juga disebut-sebut bakal masuk pemerintahan. Tetapi sampai hari ini PANmasih berada di luar barisanparpol pendukung pemerintah, kendati juga tidak menyatakan diri sebagai oposisi tegas seperti PKS.

Bila akhirnya PAN benar bergabung dengan pemerintah, pengamat politik Rocky Gerung menilainya sebagai kejutan. Sebab baginya PAN adalah partai ajaib. Dia melihat partai ini selalu dalam posisi tersandera oleh dua hal yang membuatnya tak bisa meninggalkan posisi mendua.



”PAN selalu disandera dua hal. Pertama, profil ketua umumnya. Sebenarnya indikasi-indikasi hukum masih ada teman saya itu, Bang Zul itu teman saya. Nah, sementara di dalamnya tokoh-tokoh kritis masih banyak betul. Ada critical mass di dalam partai,” ujar Rocky dalam video di youtube, Jumat (16/4/2021).

Situasi inilah yang menyebabkan PAN bersikap menduga antara masuk atau tidak masuk ke dalam koalisi pemerintahan. Tetapi baginya aneh kalau PAN memutuskan masuk pemerintahan. Kenapa demikian? ”PAN kan simbolnya matahari terbit, ngapain masak mau masuk ke wilayah matahari tenggelam? Ini analisa simboliknya, selebihnya tunggu off the record,” kata Rocky tertawa.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)