34 Napi Teroris di Lapas Gunug Sindur Ucap Ikrar Setia ke NKRI

Kamis, 15 April 2021 - 14:12 WIB
loading...
34 Napi Teroris di Lapas Gunug Sindur Ucap Ikrar Setia ke NKRI
Sebanyak 34 narapidana tindak pidana terorisme menyatakan komitmennya untuk kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Foto/Kemenkumham.go.id
A A A
JAKARTA - Sebanyak 34 narapidana tindak pidana terorisme menyatakan komitmennya untuk kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Itu ditegaskan mereka dengan mengucapkan ikrar setia NKRI di Lapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat Kamis (15/4/2021).

Pengucapan Ikrar NKRI merupakan bentuk implementasi hasil program deradikalisasi, yaitu sebagai pengikat tekad dan semangat, serta penegasan untuk bersedia kembali membangun kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI.

“Ikrar ini merupakan langkah pembinaan agar para napi dapat kembali membela NKRI,” ujar Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jawa Barat, Sudjonggo, seperti dikutip dari laman kemenkumham.go.id.

Pengucapan ikrar ini juga syarat bagi narapidana tindak pidana terorisme apabila di kemudian hari mengajukan pembebasan bersyarat, menjelang bebas dan program lainnya.

Pelaksanaan ikrar NKRI di Lapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur dilakukan bertahap dan berkesinambungan. Setelah mengucapkan ikrar, para pelaku baik individu maupun kelompok harus bersedia meninggalkan atau melepaskan diri dari aksi dan kegiatan terorisme.

Kemenkumham berharap napi yang sudah mengucapkan ikrar setia dapat menjadi agen yang membantu pemerintah untuk memberikan pencerahan bagi orang-orang dis ekitarnya sehingga menghambat proses penyebaran radikalisme di masyarakat.

“Ini menjadi awal untuk membuka jalan para Napi kembali ke masyarakat. Dan diharapkan masyarakat dapat menerima kembalinya para napi terorisme ini ke tengah mereka,” tuturnya.



Pelaksanaan upacara ikrar setia NKRI diawali dengan menjalani pembacaan ikrar, penandatanganan, serta penciuman bendera merah putih. Kegiatan ini juga disaksikan langsung oleh perwakilan Densus 88, Badan Intelejen Negara, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Kepolisian sektor setempat.

Ikrar setia ini dilakukan secara sadar dan tanpa paksaan. Sehingga keinginan untuk kembali ke NKRI berasal dari individu WBP masing-masing. Dari total 56 napi terorisme yang ada di Lapas Kelas IIA Narkotika Gunung Sindur Bogor, terdapat 22 napi tindak terorisme yang belum mengucap sumpah NKRI. Sehingga terus dilakukan pembinaan yang berkelanjutan agar mereka bertekad kembali ke NKRI.

Seluruh napi yang mengucapkan ikrar berasal dari berbagai jaringan terorisme di Indonesia, seperti Jamaah Ansharut Daulah (JAD), Simpatisan ISIS, Simpatisan Daulah, dan lainnya. Mereka menjalani masa pidana kurungan penjara di Lapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur dengan masa penahanan yang beragam.

(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)