Pembentukan Denwalsus Permintaan Prabowo kepada Panglima TNI

Senin, 12 April 2021 - 10:40 WIB
loading...
Pembentukan Denwalsus Permintaan Prabowo kepada Panglima TNI
Secara khusus Menhan Prabowo meminta Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto agar menyediakan personel yang sempurna fisik. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto secara resmi membentuk satuan khusus dengan nama Detasemen Pengawal Khusus (Denwalsus) . Satuan ini memiliki tugas untuk mengawal Prabowo selaku Menteri Pertahanan sekaligus mengawal serta menyambut para tamu penting dari pihak Kemhan.

Juru Bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak menuturkan, Denwalsus bukanlah hal yang baru. Sebab, pasukan ini sama dengan pasukan jajar kehormatan yang biasa digunakan dalam menyambut para tamu militer negara-negara lainnya.

"Detasemen khusus untuk pasukan jajar kehormatan menyambut para tamu-tamu militer dari negara-negara hal biasa, sejak lama sudah ada dibawah kendali Mabes TNI yang ditugaskan di Kemhan," ucap Dahnil, Senin (12/4/2021).



Lebih jauh Dahnil menjelaskan, secara khusus Menhan Prabowo meminta kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto agar dapat menyediakan personel yang secara fisik sempurna. Menurutnya, tampilan fisik sempurna dibutuhkan lantaran par pasukan ini dijadikan "tampilan depan" dalam prosesi penyambutan.

"Pak Prabowo meminta ke Panglima TNI atau Mabes TNI agar disediakan personel-personel yang secara fisik sempurna karena menjadi "tampilan depan" dalam upacara penyambutan jajar kehormatan. Mereka menjadi sosok personel militer negara kita ketika menyambut tamu-tamu militer atau Menhan dari negara-negara lain yang berkunjung ke Indonesia," ungkapnya.

Selain itu, sambungnya, tampilan fisik sempurna menjadi salah satu cara untuk menunjukkan bahwasanya Indonesia memiliki wibawa di hadapan negara-negara lain. Oleh karenanya, Menhan Prabowo tidak main-main dengan pembentukan detasemen khsusus Ini.

"Makanya, Menhan memberikan perhatian khusus terkait hal ini, karena menjadi salah satu simbol wibawa kita sebagai bangsa dan negara," tuturnya.



Ketika dikonfirmasi lebih lanjut dari satuan mana saja para personel detasemen khusus itu didatangkan, Dahnil mengatakan mereka didatangkan dari tiga matra TNI yang ditugaskan di Kemhan. Baik itu darat, udara, dan laut. "Iya (mereka didatangkan dari tiga matra TNI). Mereka yang bertugas di Kemhan," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pembentukan Denwalsus ini pertama kali diketahui dari unggahan video Sekretaris Pribadi Prabowo Rizky Irmansyah dalam akun instagram pribadinya @rizky_irmansyah, dikutip Jumat (9/4/2021). Rizky dalam keterangan unggahannya menuturkan, sebelum diterima sebagai bagian dari Denwalsus, para orang-orang terpilih ini telah dilatih di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Komando Pasukan Khusus (Pusdiklat Kopassus) Batujajar, Jawa Barat.

"Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus) Kementerian Pertahanan yang dibetuk oleh Menteri Pertahanan Pak Prabowo Subianto. Mereka dilatih, ditempa, dididik di Batu Jajar Pusdiklat Kopassus di Jawa Barat," kata Rizky.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)