BMKG Pastikan Gempa Bumi di Malang Tak Berpotensi Tsunami

Sabtu, 10 April 2021 - 17:44 WIB
BMKG Pastikan Gempa Bumi di Malang Tak Berpotensi Tsunami
BMKG memastikan gempa bumi Magnitudo 6,1 di Kabupaten Malang, Jawa Timur, tidak berpotensi tsunami.Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa bumi Magnitudo 6,1 di Kabupaten Malang, Jawa Timur, tidak berpotensi tsunami.

"Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers virtual, Jakarta, Sabtu (10/4/2021). Baca juga: Diguncang Gempa Besar, Ini Penampakan Bangunan yang Ambruk di Malang

Dengan begitu, masyarakat diimbau tak mudah percaya dengan informasi hoaks. Mengingat, hal itu malah membuat situasi menjadi kacau dan panik. "Di imbau masyarakat tenang dan tidak terpengaruh isu yang tak dipertanggung jawabkan kebenarannya," ujar Dwikorita. Baca juga: Deretan Bencana Alam di Indonesia Sejak Awal 2021 Hingga Sekarang

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk menghindari gedung atau bangunan yang terdampak saat terjadinya gempa tersebut. "Masyarakat juga kami imbau jauhi bangunan yang retak atau rusak akibat gempa tersebut," ucapnya.



Dwikorita menyebut, guncangan gempa tersebut dirasakan banyak orang yang ada di luar rumah maupun di dalam rumah. Gempa tersebut juga jenis menengah akibat adanya aktivitas subduksi. "Hasil analisis mekanisme sumber tunjukan gempa mekanisme pergerakan naik. Dan guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Turen dengan intensitas 5 MMI artinya getaran dirasakan hampir semua penduduk dan orang banyak merasakan hal tersebut," katanya.

Dia menambahkan, gempa juga dirasakan di Karangkates, Malang, Blitar 4 MMI. Lalu juga di Kediri, Trenggalek, Jombang 3 sampai MMI. “Kemudian di Nganjuk, Ponorogo. Madiun, Ngawi, Jogja, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar, dengan intensitas 3 MMI artinya getaran dirasakan di dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan seperti truk berlalu," ujar Dwikorita.

Kemudian, dirasakan di Mojokoerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Tungkung, Banjarnegara 2 MMI. "Getaran tersebut dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda yang ringam bergoyang apabila intensitas 2 MMI," ucap Dwikorita.
(cip)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2328 seconds (11.97#12.26)