DPR Resmi Lantik Pengganti Almarhum Ali Taher Parasong

Jum'at, 09 April 2021 - 10:46 WIB
loading...
DPR Resmi Lantik Pengganti Almarhum Ali Taher Parasong
Gedung DPR. Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat ( DPR ) menggelar Rapat Paripurna ke-16 Masa Persidangan IV Tahun 2020-2021. Sebelum memulai rapat, DPR turut melakukan proses pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad selaku pimpinan sidang menyampaikan bahwa pimpinan dewan telah menerima satu petikan Putusan Presiden RI Nomor 51 tanggal 16 Maret 2021 tentang peresmian antar waktu anggota dewan perwakilan rakyat (DPR) dan anggota majelis permusyawaratan rakyat (MPR) masa jabatan 2019-2024.

"Yaitu saudara Muhammad Rizal dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Daerah Pemilihan Banten 3 menggantikan Saudara M. Ali Taher," kata Dasco dalam sidang paripurna DPR yang digelar secara virtual, Jumat (9/4/2021).



Untuk diketahui, anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Ali Taher Parasong meninggal dunia pada Minggu (3/1/2020) pada pukul 14.00 WIB. Ali Taher meninggal di Rumah Sakit Islam, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu menyampaikan, sesuai dengan ketentuan Pasal 8 ayat (3) Peraturan DPR RI Tahun 2020 Tentang Tata tertib, anggota pengganti sebelum memangku jabatan mengucapkan sumpah janji secara bersama-sama yang dipandu pimpinan DPR RI dalam rapat paripurna.

"Berdasarkan hal tersebut, kami menanyakan kepada sidang dewan terhormat, apakah kita dapat melakukan pelantikan anggota pengganti antar waktu sebelum kita memasuki acara rapat paripurna hari ini?" tanyanya yang langsung dijawab kompak anggota dewan "Setujuuuu".



Selanjutnya, Dasco langsung menyerahkan proses PAW tersebut kepada Ketua DPR Puan Maharani untuk memandu sumpah janji anggota pengganti. Dalam proses ini, Puan mengingatkan bahwa sumpah yang diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara Republik Indonesia, tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945.

"Sumpah ini adalah terhadap Tuhan yang Maha Esa dan manusia, yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Saya harap saudara mengikuti lafal sumpah yang akan saya pandu," kata Puan.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2145 seconds (0.1#10.140)