Pengamat Militer Beberkan Sederet Prestasi KSAL dan KSAU Baru

Rabu, 20 Mei 2020 - 15:50 WIB
loading...
Pengamat Militer Beberkan Sederet Prestasi KSAL dan KSAU Baru
Pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Kertopati. Foto/iNews.id
A A A
JAKARTA - Pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Kertopati menilai KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang baru dilantik hari ini sebagai sosok berpengalaman dan sarat prestasi.

Menurut Nuning, Laksamana TNI Yudo Margono adalah alumni AAL 1988 dengan pengalaman operasional yang lengkap. "Tidak banyak perwira tinggi TNI AL yang pernah menjadi Komandan KRI sebanyak tujuh kali mulai dari kapal patroli, hingga kapal frigate. Menjadi Panglima sebanyak tiga kali, yakni Pangkolinlamil, Pangarmabar, dan Pangkogabwilhan l. Sungguh prestasi jenjang jabatan yang mendekati sempurna," ujar Nuning, Rabu (20/5/2020).

Nuning menambahkan, pendidikan Laksamana Yudo Margono juga cukup lengkap, mulai dari Diklapa, Seskoal, Sesko TNI, dan Lemhannas RI. "Laksamana TNI Yudo Margono juga memiliki pengalaman mengikuti berbagai latihan gabungan di dalam negeri dan latihan bersama di luar negeri," ujarnya.

"Secara pribadi, beliau juga dikenal dekat dengan bawahan dan prajurit di bawah komandonya. Perhatian beliau ke bawah bahkan menjangkau keluarga para prajurit," tambahnya.

Sementara, lanjut mantan anggota Komisi I DPR RI ini, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo merupakan alumni AAU tahun 1988. Fadjar Prasetyo merupakan alumnus Akademi TNI Angkatan Udara (AAU) 1988 dan seorang penerbang angkut yang mengawali karier sebagai penerbang A-4 Skyhawk di Skuadron 11 Lanud Sultan Hasanuddin pada 1990 hingga 1995.

"Marsekal TNI Fadjar memiliki pengalaman penugasan dalam dan luar negeri," pungkasnya. ( ).

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Laksdya Yudo Margono menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Marsdya Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Yudo Margono menggantikan Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. Sementara, Fadjar Prasetyo menggantikan Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Keduanya dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 32 dan 33 /TNI Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut serta Kepala Staf Angkatan Udara.

Pada kesempatan itu dibacakan juga Keppres No. 34 dan 35/TNI tahun 2020 tentang Kenaikan Pangkat Dalam Golongan Tinggi TNI. Yudi Margono dinaikkan pangkatnya menjadi Laksamana. Sementara Fadjar Prasetyo dinaikkan menjadi Marsekal.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2620 seconds (0.1#10.140)