Jokowi Perintahkan BNPB hingga TNI Cepat Tangani Bencana di NTT dan NTB

Senin, 05 April 2021 - 11:38 WIB
loading...
Jokowi Perintahkan BNPB hingga TNI Cepat Tangani Bencana di NTT dan NTB
Bencana longsor menerjang wilayah Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto/iNews TV/Joni Nura
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya melakukan penanganan bencana di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) secara cepat. Saat ini jumlah korban bencana terus bertambah.

Jajaran yang diperintahkan untuk menangani bencana di dua provinsi tersebut antara lain Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, dan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Henri Alfiandi.

Selain itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Saya perintahkan Kepala BNPB, Basarnas, Mensos, Menkes, Menteri PUPR serta Panglima dan Kapolri untuk melakukan secara cepat evakuasi dan penanganan korban serta dampak bencana," ucap Jokowi, Senin (5/4/2021). Baca juga: Walhi Sebut 3 Wilayah di NTT Ini Paling Banyak Timbulkan Korban Jiwa

Selain itu, Kepala Negara memerintahkan jajarannya untuk menangani bencana ini secara cepat. Misalnya seperti penyediaan bantuan pelayanan kesehatan, ketersediaan logistik, dan kebutuhan dasar bagi para pengungsi serta perbaikan infrastruktur.

"Saya mengimbau masyararakat untuk mengikuti arahan prtugas di lapangan dan selalu meningkatkan kewaspadaan bencana banjir dan longsor karena meningkatnya curah hujan ysng ekstrem," tutur Jokowi.

Sebelumnya dilaporkan jumlah korban tewas skibat banjir bandang dan longsor di Kabupaten Flores Timur (Flotim), NTT mencapai 50 orang lebih. Sedangkan puluhan lainnya hilang dan masih dicari.

Banjir bandang melanda empat desa di tiga kecamatan, Kabupaten Flotim, Nusa Tenggara Timur. Wilayah terdampak antara lain Desa Nelelamadike di Kecamatan Ile Boleng, Kelurahan Waiwerang dan Desa Waiburak di Kecamatan Adonara Timur, Desa Oyang Barang dan Pandai di Kecamatan Wotan Ulumado serta Desa Waiwadan dan Duwanur di Kecamatan Adonara Barat.

Di samping korban jiwa, banjir bandang berakibat pada 5 jembatan putus dan puluhan rumah warga tertimbun lumpur, seperti di Desa Nelelamadike, dan puluhan rumah terendam banjir di Kecamatan Adonara Barat.

Berdasarkan laporan BPBD, insiden banjir bandang dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi. Banjir yang melanda beberapa wilayah di tiga kecamatan terjadi pada Minggu 4 April 2021 dini hari sekitar pukul 01.00 waktu setempat atau WIta.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3072 seconds (0.1#10.140)