Menaker Minta Balai Latihan Kerja Jadi Garda Terdepan Ciptakan SDM Unggul dan Kompetitif

Jum'at, 02 April 2021 - 19:29 WIB
loading...
Menaker Minta Balai Latihan Kerja Jadi Garda Terdepan Ciptakan SDM Unggul dan Kompetitif
Menaker Ida saat dialog dengan stakeholders di BLK Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (2/4/2021).
A A A
BANYUWANGI - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyatakan, pandemi Covid-19 harus dijadikan momentum yang tepat untuk memperbaiki ekosistem pelatihan secara nasional. Kondisi tersebut harus menyadarkan semua pihak betapa penting sumber daya manusia (SDM) tangguh, yakni mampu bergerak dengan cara-cara luar biasa dan beradaptasi menghadapi kesulitan, sehingga unggul dalam persaingan.

"Di sini Balai Latihan Kerja (BLK), terutama BLK Banyuwangi harus berada di garda terdepan dalam menciptakan SDM unggul dan kompetitif saat ini dan di masa yang akan datang," katanya dalam dialog dengan stakeholders di BLK Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (2/4/2021).

Menurut Menaker Ida, dalam upaya menjadi garda terdepan tersebut, BLK harus terus membangun kolaborasi dan meluaskan jejaring, baik dengan pemerintah daerah, institusi, maupun industri yang ada.

Kerja bersama antara BLK dan pihak-pihak terkait, kata dia, sangat penting untuk menjadi lokomotif dalam penciptaan inovasi dan kreativitas yang memiliki nilai tambah bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan menghasikan SDM yang kompeten.

"Peningkatan dan pengembangan prasarana yang telah dilakukan, harus menjadi pemicu bagi BLK, termasuk BLK Banyuwangi dalam peningkatan kualitas pelayanan baik bagi masyarakat, peserta pelatihan, dan para stakeholders," ujarnya.

Kemudahan untuk mengakses informasi terkait dengan program yang ada di BLK Banyuwangi, serta peningkatan pelayanan pelatihan berbasis kompentensi harus dapat dilaksanakan dengan baik oleh BLK Banyuwangi.

Menaker menekankan BLK tidak boleh berada di 'menara gading', tapi harus memposisikan diri sebagai 'menara air', di mana program pelatihan dan inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh BLK harus langsung bisa dirasakan oleh masyarakat.

"Ini penting sekali, karena di sekitar kita masih banyak terdapat masyarakat yang berada di garis kemiskinan dan keterbelakangan. Ini menantang kita semua untuk ikut berkontribusi dalam menyelesaikan persoalan bersama," katanya.

Seusai berdialog dengan stakeholders, Menaker Ida menandatanganai Prasasti Kios 3 in 1, Musala Al-Ikhlas, dan Gedung Kejuruan Pariwisata; kemudian melakukan penanaman pohon; dan meninjau workshop yang ada di BLK Banyuwangi.

BLK Banyuwangi hingga tahun lalu memiliki 6 kejuruan yang terdiri atas kejuruan Pariwisata, Processing, Garmen, Otomotif, Pertanian, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dari enam kejuruan tersebut, kejuruan pariwisata menjadi andalan BLK Banyuwangi. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2257 seconds (0.1#10.140)