Survei SMRC: Pendukung Setia Jokowi Dukung Ganjar Jadi Capres 2024, Bukan Puan Maharani

Jum'at, 02 April 2021 - 05:10 WIB
loading...
Survei SMRC: Pendukung Setia Jokowi Dukung Ganjar Jadi Capres 2024, Bukan Puan Maharani
Dua tokoh PDIP, Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. Foto:SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan para pendukung setia Presiden Jokowi cenderung mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024 . Gubernur Jawa Tengah tersebut menjadi kandidat potensial dalam pemilihan presiden mendatang.

”Pendukung Jokowi cenderung mendukung Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 mendatang,” kata Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas dalam acara rilis survei bertajuk ‘Kondisi Ekonomi-Politik 1 Tahun COVID-19: Penilaian Publik Nasional’yang dipresentasikan secara daring, Kamis (1/4/2021).



Survei nasional SMRC itu dilakukan pada 28 Februari-8 Maret 2021 dengan melibatkan 1064 responden yang dipilih secara random (acak) dan diwawancara secara tatap muka. Margin of error penelitian adalah ± 3.07%. Dalam kategori top of mind (jawaban spontan), nama yang paling banyak didukung sebagai capres adalah Jokowi (15,2%).

Namun, mengingat Jokowi tidak akan maju kembali, penelitian ini berusaha juga mempelajari siapakah tokoh yang potensial akan dipilih para pendukung Jokowi ketika mereka hanya dapat memilih nama-nama tokoh capres tanpa menyertakan nama Jokowi. Menurut Abbas, elektabilitas sangat bergantung pada awareness (kedikenalan) masing-masing calon.

Baca juga: Jika Pilpres 2024 Diikuti 2 Paslon, Diprediksi Muncul Prabowo-Puan dan Anies-AHY

Sehingga, potensi elektablitas calon harus dianalisis secara lebih seksama. Sejauh ini setidaknya ada 7 tokoh yang memiliki awareness di atas 50%, yakni Prabowo, Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, AHY, dan Puan Maharani. Tapi tingkat awareness ke tujuh tokoh tersebut tidak sama.

Prabowo sudah jauh lebih dikenal oleh warga (96%), di atas kedikenalan tokoh-tokoh lainnya. Jika kedikenalan (awareness) ketujuh tokoh tersebut sama, dalam analisis ditemukan bahwa pemilih Jokowi di top of mind paling banyak pindah ke Ganjar Pranowo (18,4%), diikuti Anies Baswedan (15,2%), Ridwan Kamil (13,1%).

Sedangkan Prabowo hanya mendapat 9,2% dari pemilih Jokowi. Sehingga hal tersebut menunjukkan bahwa capres yang paling banyak didukung pencinta Jokowi adalah Ganjar.

Di sisi lain, survei SMRC ini juga menunjukkan bahwa pemilih yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi lebih banyak mendukung Ganjar. Sementara pemilih yang tidak puas dengan kinerja Presiden Jokowi lebih banyak mendukung Anies Baswedan.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)