Aprilia Manganang Diberi Nama Baru Lanang, Didoakan Jadi Lelaki Seutuhnya

Kamis, 18 Maret 2021 - 17:19 WIB
loading...
Aprilia Manganang Diberi Nama Baru Lanang, Didoakan Jadi Lelaki Seutuhnya
Istri KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, Hetty Andika Perkasa memberikan nama baru bagi Serda Aprilia Santini Manganang. Namanya kini berubah menjadi Lanang yang dalam bahasa Jawa berarti lelaki. FOTO/INFO TNI
A A A
JAKARTA - Istri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Hetty Andika Perkasa memberikan nama baru bagi Serda Aprilia Santini Manganang . Namanya kini berubah menjadi Lanang yang dalam bahasa Jawa berarti lelaki.

Awalnya, Hetty mencurahkan isi hatinya bahwa dia sebagai ibu, selalu mendoakan yang terbaik bagi anak-anaknya, termasuk Manganang. Lantas, Hetty bertanya apakah Manganang mau diberikan nama baru olehnya. "Saya ini seorang ibu yang selalu mendoakan anak-aknya yang baik-baik. Nah saya ingin memberi nama untuk Manganang mau, kalau mau," tanya Hetty dalam unggahan video TNI AD, Kamis (18/3/2021).

Dengan hati yang yakin dan tenang, Manganang mengangguk mau. "Siap, mau," jawabnya.

Baca juga: Jika Kembali Lagi ke Proliga, Aprilia Manganang Harus Gabung Tim Putra

Selepas mendengar jawaban Manganang, Hetty kemudian langsung mengubah nama barunya menjadi Lanang. Sambil menahan tangis, Hetty mengungkapkan bahwa nama itu diberikannya penuh dengan doa dengan harapan Manganang dapat menjadi lelaki seutuhnya.

"Saya kasih namanya dengan doa, jadi saya kasih nama manganang Lanang, Lanang itu lelaki, itu bahasa Jawa. Jadi saya berharap dengan nama Lanang ini manangang msnjadi lelaki sejati," imbuhnya.

Saking sayangnya dengan Manganang, Hetty sampai menitipkan pesan khusus kepada sang suami, Jenderal TNI Andika Perkasa agar bisa mendidik Manganang menjadi sosok yang membanggakan. Hetty berkata kepada Manganang bahwa memilih nama untuknya tidaklah mudah.

Baca juga: Keluarga Tidak Pernah Berpikir Kalau Aprilia Manganang Adalah Pria

"Saya kemarin bilang sama bapak, saya ingin bapak mendidik Lanang untuk menjadi kelak bisa menjadi kebanggaan saya. Memilih nama ini enggak gampang, karena ini adalah doa, supaya menjadi lelaki sejati. Lelaki sejati sesuai kodrat yang Tuhan buat untuk kamu," paparnya.

"Kamu lahir sebagai lelaki, saya dan bapak (KSAD) ingin membantu kamu untuk menjalani apa yang Tuhan lahirkan kamu sebagai lelaki," katanya melanjutkan.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya KSAD Andika menyatakan Serda Aprilia Manganang, menderita hipospadias sedari lahir sehingga dianggap perempuan. Padahal, Jenderal TNI Andika Perkasa menegaskan, bahwa Aprilia Manganang sejatinya adalah laki-laki.



Hipospadias adalah kondisi langka ketika lubang kencing penis ada pada bagian bawah dan bukannya di ujung. Hipospadia adalah kondisi bawaan yang relatif jarang.

Kebanyakan kelainan ini tidaklah parah. Akan tetapi, kasus Aprilia Manganang termasuk dalam kategori 10% yang serius, sehingga butuh penanganan serius. Namun, kelainan Aprilia Manganang mendapat perhatian TNI, tempatnya mengabdi sejak 2016 silam. Jenderal TNI Andika Perkasa pun membantu Aprilia Manganang agar kelainan ini bisa ditangani dengan baik.

Aprilia Manganang menjalani corective surgery untuk menangani kelainannya. Aprilia Manganang menjalani operasi pertama di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, dengan sukses. Rencanannya, ada satu operasi lagi yang akan dijalani Aprilia Manganang.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2095 seconds (0.1#10.140)