Ada Nazaruddin di Kisruh Partai Demokrat, Morse Ancaman Moeldoko buat Cikeas?

Kamis, 11 Maret 2021 - 14:13 WIB
loading...
Ada Nazaruddin di Kisruh Partai Demokrat, Morse Ancaman Moeldoko buat Cikeas?
Nazaruddin dinilai Gede Pasek sebagai sinyal ancaman yang dikirimkan kubu Moeldoko untuk kubu Cikeas. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Nama Muhammad Nazaruddin kembali meramaikan panasnya isu perpolitikan di Tanah Air. Seperti halnya ketika prahara pasca Kongres 2010, tak lama setelah keluar dari penjara Nazaruddin muncul lagi ketika Partai Demokrat sedang mendidih.

Dulu, dia adalah pusat dalam pusaran prahara Partai Demokrat. Setelah keluar sebagai juara Pemilu 2009, Demokrat justru dilanda badai kasus korupsi. Kasus ini mencuat kencang setelah kongres yang menghasilkan Anas Urbaningrum sebagai ketua umum.

Kasus proyek Hambalang yang awalnya menyeret Andi Mallarangeng sebagai menpora, itu akhirnya menenggelamkan banyak kader Demokrat setelah Nazaruddin ”bernyanyi”. Angelina Sondakh hingga Anas Urbaningrum sendiri ikut terseret. Anas pun terpaksa merelakan posisinya sebagai ketua Partai Demokrat terlepas. Sampai saat ini Anas masih menjalani hukuman di Lapas Sukamiskin.

(Baca: Beredar Kabar Demokrat KLB Moeldoko Akan Laporkan Andi Mallarangeng ke Polisi)

Kini, nama Nazaruddin muncul lagi dalam gonjang ganjing Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deliserdang yang kontroversial. Terlepas dari penolakan kelompok Cikeas yang sedang menguasai partai ini, kontroversi juga dipicu naiknya Moeldoko, pejabat negara setingkat menteri yang tak pernah menjadi anggota Partai Demokrat, sebagai ketua umum. Di kubu Moeldoko itulah Nazaruddin berada. Kubu Cikeas menyebutnya sebagai penyandang dana KLB abal-abal.

Bila banyak analis menyorot manuver Moeldoko yang dinilai mengancam demokrasi, mantan kader Partai Demokrat I Gede Pasek Suardika mengamati sosok Nazaruddin di belangkangnya. Menurut sekjen Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) itu, bukan tanpa alasan Moeldoko mau bergandengan dengan koruptor seperti Narazuddin.

(Baca: Tak Ada Gerakan seperti AHY, Moeldoko Diyakini Sedang Operasi Senyap)

Sebagai Sekjen PPI, Saya tertarik menganalisa kehadiran sosok Nazaruddin dalam pusaran polemik KLB PD. Sebab sprtnya dua kubu memaksimalkan posisi koruptor tersebut secara terbuka dengan narasi yang berbeda. Banyak jejak digital tentang Nazar,” tulis Pasek di akun twitter miliknya, Kamis (11/3/2021).

Pasek mengaku sangat memahami kedua kubu Partai Demokrat yang sedang berseteru. Kubu AHY menempatkan sosok Nazaruddin sebagai sasaran tembak dengan isu sebagai bandar KLB. Narasi diperkuat lewat kesaksian seorang wakil ketua DPC yang mengaku diberi uang Rp5 juta dari janji Rp100 juta. Isu besar yang ingin ditekankan adalah koruptor besar di belakang Moeldoko.

(Baca: 2 Opsi Pemerintah Hentikan Kisruh Partai Demokrat, Pecat Moeldoko atau.. )

Tetapi Pasek melihat narasi itu bertolak belakang dengan logika politik. Sebaliknya dia justru melihat kubu KLB sengaja menggaet Nazaruddin untuk mengrimkan sinyal.

Sinyal bahwa masih banyak data-data yg belum dibuka oleh orang yg dulu saya sebut Koruptor Paling Sakti di Indonesia itu. Cukup banyak di YouTube pernyataannya soal dana Pilpres, soal aliran dana ke pangeran dan lainnya. Tampaknya politik simbol sedang dimainkan kubu Moeldoko,” cuit mantan loyalis Anas di Demokrat itu.

Bagi Pasek, serangan uang Rp5 juta yang coba digoreng kalah jauh dibandingkan pesan terselubung yang mau diledakkan kubu Moeldoko lewat Nazarudin. Kubu Moeldoko sangat paham battle field dan siapa yang dihadapi sehingga politik memasang Nazarudin. ”Nazar seakan morse peperangan kemana bidikan akan diarahkan. Saya menduga battle field tdk hanya di medsos, Kumham dan PTUN. Tetapi ke KPK,” tulis Pasek.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)