Soal Penembakan Laskar FPI, Komnas HAM: Banyak Pihak Beropini

Kamis, 11 Maret 2021 - 09:35 WIB
loading...
Soal Penembakan Laskar FPI, Komnas HAM: Banyak Pihak Beropini
Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, M. Choirul Anam. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebutkan kasus penembakan enam anggota Front Pembela Islam (FPI) bukan merupakan pelanggaran HAM berat.

Komnas HAM melihat kasus tersebut tidak bisa dibawa kasusnya ke Mahkamah Internasional atau International Court of Justice (ICJ) yang merupakan badan kehakiman utama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Hal itu disampaikan Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, M. Choirul Anam usai konferensi pers di Kantor Komnas HAM, Rabu 10 Maret 2021.

Dia menyebutkan pada pekan pertama kasus penembakan enam anggota FPI, banyak pihak yang mengasumsikan kasus tersebut merupakan pelanggaran HAM berat.

"Banyak pihak beropini dan berasumsi penembakan FPI pelanggaran berat tapi tidak ada faktanya. Padahal untuk menetapkan suatu kasus merupakan pelanggaran HAM berat harus ada fakta dan bukti," ujar Choirul Anam.

Terkait pernyataan wartawan apakah ada kemungkinan kasus penembakan anggota FPI dibawa ke Mahkamah Internasional, Choirul Anam menyebutkan hal tersebut sangat tidak mungkin.

"Logikanya bagaimana bisa dibawa ke Sidang Mahkamah Internasional. Tahun 2019 saya mau menguji kasus yang sudah dinyatakan pelanggaran HAM berat bisa di bawa ke Mahkamah Internasional saja susah. Saat saya ke sana itu ada kasus Rohingya Myanmar, itu saja kasus pelanggaran HAM yang sangat besar saja mekanismenya rumit di Mahkamah Internasional," tandas Choirul Anam. [Carlos Roy Fajarta]
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6697 seconds (0.1#10.140)