Isra Mikraj, Wapres Ma'ruf Amin Tekankan Pentingnya Persaudaraan

Kamis, 11 Maret 2021 - 09:28 WIB
loading...
Isra Mikraj, Wapres Maruf Amin Tekankan Pentingnya Persaudaraan
Wapres Maruf Amin. Foto: Tangkapan layar YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menitipkan pesan persaudaran dalam memperingati Isra Mikraj tahun ini. Ia meminta agar seluruh masyarakat muslim di Indonesia dapat menjaga persaudaraan baik antar umat Islam maupun sesama kemanusiaan.

Dikatakan Ma'ruf Amin , konsep persaudaraan sebangsa dan setanah air adalah prinsip yang paling tepat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karenanya, ia mengajak untuk mengembangkan prinsip persaudaraan itu.

"Sangat tepat sekali apa yang dibuat para ulama untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini dengan cara mengembangkan prinsip ukhuwah wathaniyah, persaudaraan sebangsa dan setanah air di samping ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah insaniyah, sesama persaudaraan Islam dan persaudaraan kemanusiaan," kata Ma'ruf Amin melalui tayangan video yang diunggah di kanal YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia, Kamis (11/3/2021).

Baca juga: Jokowi: Isra Miraj Mengingatkan Kita Betapa Besar Kekuasaan Allah SWT

Lebih lanjut, kata Ma'ruf Amin, sikap moderat baik dalam cara berpikir, bersikap, maupun bertindak, penting ditanamkan terhadap unat Islam saat ini. Menurutnya, sikap moderat sangat relevan untuk bangsa Indonesia yang majemuk.

"Dalam konteks kita berbangsa dan bernegara, sikap moderat ini sangat relevan dan harus dijadikan pedoman karena bangsa kita adalah bangsa yang majemuk," jelas Ma'ruf Amin.

"Atas dasar kemajemukan itulah, para pendiri bangsa ini bersepakat untuk mendirikan negara bersama, sebagai negara kesatuan republik Indonesia NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," sambungnya.

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu juga menyinggung soal konsep negara kesepakatan atau darul mitsaq. Menurutnya, Indonesia dibangun atas dasar kesepakatan pendiri bangsa.

"Menurut pandangan kita umat Islam, perspektif Islam, kita menyebut negara ini sebagai negara kesepakatan darul mitsaq karena dibangun berdasarkan kesepakatan-kesepakatan nasional, al-mitsaq al-wathani," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)