Akhiri Konflik, Tiga Ketua Umum DPP KNPI Sepakat Gelar Kongres Bersama

Selasa, 09 Maret 2021 - 13:44 WIB
loading...
Akhiri Konflik, Tiga Ketua Umum DPP KNPI Sepakat Gelar Kongres Bersama
Tiga Ketua Umum DPP KNPI bersepakat mengakhiri konflik dan sepakat mengagendakan kongres bersama. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Asa organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) untuk kembali 'islah' dalam waktu dekat segera terealisasi. Hal itu setelah tiga Ketua Umum KNPI bersepakat mengagendakan kongres bersama.

Pertemuan masing-masing tiga versi Ketua Umum DPP KNPI berlangsung tadi malam Senin, 8 Maret 2021 di kawasan KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat. Mereka adalah Noer Fajrieansyah, Abdul Azis dan Mustahuddin. "Alhamdulillah, ini pertemuan bersejarah bagi pemuda Indonesia," ujar Sekjen DPP KNPI versi Noer Fajrieansyah, Addin Jauharuddin melalui keterangan persnya, Selasa (9/3/2021).

Dia menjelaskan, setelah sekian lama organisasi kepemudaan KNPI yang selama ini pecah belah menjadi tiga kelompok, akhirnya berhasil bertemu bersama. "Kami sepakat untuk melaksanakan Rapimpurnas dan Kongres bersama XVI di 2021 ini. Selain para ketum, kami para sekjen juga turut hadir. Ada Bung Jackson AW Kumaat (kubu Mustahuddin) dan serta Yamitema Tirtajaya Laoly (kubu Abdul Aziz)," jelas Tokoh Muda Nahdlatul Ulama (NU) itu.

Dia berharap ke depan tidak ada lagi perpecahan pemuda. "Karena itu kami bertemu hari ini untuk melaksanakan kongres bersama sesuai dengan harapan pemerintah dan OKP yang selama ini bernaung di bawah DPP KNPI," cetus dia.

Hal senada diungkapkan Jacson Kumaat. Dia menyebut pentingnya persatuan pemuda ke depannya. Dia menegaskan semua pihak harus menepikan dahulu permasalahan yang selama ini terjadi. "Persatuan pemuda merupakan hal yang dibutuhkan oleh masyarakat terutama menghadapi pandemi Covid 19 yang menghantam bangsa kita selama ini," ungkap Jacson.

Dia menjelaskan, kesepakatan untuk bersatu ini merupakan amanat dari rapat pleno yang baru saja digelar. Selain memutuskan mencopot Haris Pertama, putusan penting lainnya adalah segera mengonsolidasikan kepada Ketua Umum DPP KNPI lainnya untuk mempercepat proses persatuan pemuda.

Hal senada diungkapkan Abdul Azis. Dia menjelaskan persuaan kemarin merupakan hari yang bersejarah bagi pemuda Indonesia. "Pertemuan ini merupakan komitmen kami untuk menjaga persatuan dan kesatuan pemuda sesuai dengan harapan pemerintah dan organisasi kepemudaan (OKP) yang selama ini berhimpun di DPP KNPI. Insya Allah kami akan segera melakukan kongres bersama dan tidak akan ada lagi perpecahan pemuda," pungkas ujar Azis.

Dalam surat kesepakat tersebut, masing-masing tiga Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal dari tiga faksi DPP KNPI menandatangani kesepakatan bersama yakni melaksanakan Rapimpurnas dan Kongres bersama yang akan diselenggarakan melalui pembentukan kepanitian bersama dengan menjunjung tinggi azas musyawarah dan mufakat, keterbukaan dan bertanggung jawab.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2236 seconds (0.1#10.140)