Bupati Manggarai Timur Paparkan Penanganan Covid-19 di IVL Season VII

Selasa, 09 Maret 2021 - 13:23 WIB
loading...
Bupati Manggarai Timur Paparkan Penanganan Covid-19 di IVL Season VII
Bupati Manggarai Timur, NTT, Agas Andreas mengatakan, pihaknya memiliki program bantuan uang kuliah Rp1 juta untuk mahasiswa asal daerah tersebut. FOTO/MPI/FAHREZA RIZKY
A A A
JAKARTA - Bupati Manggarai Timur , Nusa Tenggara Timur (NTT), Agas Andreas mengatakan, pihaknya memiliki program bantuan uang kuliah Rp1 juta untuk mahasiswa asal daerah tersebut. Bantuan ini diberikan seiring mewabahnya COVID-19 .

Hal itu dikatakan Agas saat menjawab pertanyaan dewan juri pada acara Indonesia Visionary Leader (IVL) Season VII yang digelar MNC Portal Indonesia.

"Pada 2020 hasil refocusing kita ada bantuan sosial. Kita juga ada bantuan Rp1 juta untuk mahasiswa Manggarai Timur yang kuliah di mana saja. Uang itu kita kirim langsung ke mahasiswa tersebut," kata Agas di iNews Tower, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021).

Baca juga: IVL Season VII, Wali Kota Pontianak Pastikan Transparansi Penanganan COVID-19

Dewan juri IVL juga menanyakan strategi Pemkab Manggarai Timur agar merdeka dari virus corona. Agas mengatakan, dirinya bersyukur pada 2020 daerahnya masih masuk zona hijau. Hal itu bisa dicapai karena pengawasan ketat dan melibatkan posko kesiapsiagaan.

Namun pada 2021, virus tersebut mulai masuk daerahnya. Agas sendiri sempat terinfeksi virus ini dan sekarang sudah dinyatakan sembuh. "2021 ini yang paling parah. Saya termasuk pasien Covid-19 nomor lima, OTG," ungkapnya.

Agas menuturkan, secara umum saat ini ada sekitar 50-an warganya yang terinfeksi virus corona. Angka ini mengalami penurunan dibandingkan sebelumnya. Mereka yang positif tanpa gejala mendapatkan fasilitas isolasi dari penerintah.

Baca juga: MNC Portal Gelar Indonesia Visionary Leader Season VII

Lalu, lanjut Agas, ada tiga orang warganya yang mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit karena gejalanya cukup parah. Agas menargetkan pada Mei 2021 ini Manggarai Timur merdeka alias bebas dari Covid-19.

"Saya persiapkan merdeka Covid-19 dengan tracing masyarakat desa. Harapannya Mei ke sana sudah tidak ada lagi yang kena covid," katanya.

Dewan Juri IVL Season VII, Gun Gun Heryanto, bertanya kepada Agas ihwal promosi wisata Manggarai Timur melalui medium digital. Pakar Komunikasi Politik UIN Jakarta itu ingin Bupati Agas memaparkan upayanya untuk menarik pariwisata di daerahnya.

"Nah sekarang bisa Pak Bupati share mungkin apa yang sudah atau akan dilakukan untuk promosi wisata di sana dengan menggunakan platform digital?," tanya Gun Gun.

Agas menjawab, Dinas Pariwisata Manggarai Timur telah berupaya mempromosikan destinasi wisata yang ada di daerahnya melalui medium digital. Namun, itu semua masih belum optimal karena sulitnya sinyal internet di sana.

Agas sendiri sudah meminta ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk menyediakan infrastruktur digital yang memadai di Manggarai Timur.

"Digitalisasi sudah disiapkan Dinas Pariwisata, memang belum optimal karena sinyal kami di sini kadang kala mati-hidup. Ini kita minta ke Kemenkominfo. Kalau dulu masyarakat minta listrik, sekarang minta sinyal," tutur Agas.

Di tengah keterbatasan itu, Agas berujar pihaknya tetap berupaya mempromosikan potensi wisata di Manggarai Timur. Beberapa cara yang sudah dikerjakannya antara lain mengajak media massa untuk mengekspos wisata di sana.

Lalu, lanjut dia, Youtuber atau influencer juga turut dilibatkan untuk mempromosikan keindahan alam di Manggarai Timur. "Kita juga ada TV Manggarai Timur. Lewat inilah kami promosikan destinasi wisata. Ada juga Youtuber yang fokusnya di wisata," ungkap Agas.

Dewan juri IVL Season VII antara lain Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Akmal Malik, Ketua Pembina Indonesia Institute for Corporate Directorship Andi Ilham Said. Dewan juri lainnya yakni Pakar Komunikasi Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Gun Gun Heryanto dan Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia Budi Frensidy.

IVL merupakan program rutin yang diselenggarakan MNC Media untuk mengukur dan menguji kekuatan visi para pemimpin daerah, sekaligus menggali upaya daerah dalam merumuskan, mengkomunikasikan, mengimplementasikan, sekaligus membudayakan visi tersebut di wilayah kepemimpinannya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)