Iwan Fals: Kalau Rakyatnya Pintar, Negara Juga yang Senang

Kamis, 04 Maret 2021 - 11:34 WIB
loading...
Iwan Fals: Kalau Rakyatnya Pintar, Negara Juga yang Senang
Musikus legendaris Iwan Fals saat tampil di panggung beberapa waktu lalu. Foto/SINDOnews/Ramadhan Adipura
A A A
JAKARTA - Musikus legendaris Iwan Fals mengomentari kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang menyiapkan dana Rp2,6 triliun untuk program internet gratis untuk kegiatan belajar mengejar selama tiga bulan ke depan terkait kondisi pandemi Covid-19.

Iwan Fals menyebut rencana tersebut sebagai sesuatu yang keren. Menurut dia, belajar saja sudah hal yang berat, apalagi harus mengeluarkan uang lebih.

Menurut pemilik nama lengkah Virgiawan Listanto ini, negara juga akan senang jika rakyatnya pandai. Oleh karena itu, sambung dia, harus dilakukan berbagai cara agar pendidikan bisa gratis.

Hal itu diungkapkan Iwan di lini masa akun Twitternya, @iwanfals, Kamis (4/3/2021). "Kereenn, iya bagaimana caranya kek, pendidikan secara utuh itu gratis, belajar saja sudah berat disuruh bayar lagi, kan kalau rakyatnya pinter negara juga yang seneng, kecuali kalau sekolah swasta kali ya, ya harus bayarlah, kalau enggak biaya darimana untuk gaji guru dan sebagainya," tulis musikus yang dikenal dengan lagu-lagunya yang kritis dan tajam itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kemendikbud akan kembali menyalurkan bantuan kuota data untuk membantu guru dan siswa dalam melakukan pembelajaran. Bantuan kuota data yang akan disalurkan selama 3 bulan ini akan menelan anggaran Rp2,6 triliun.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, total anggaran yang akan dikeluarkan pemerintah untuk memberikan bantuan kuota data kepada guru, siswa, dosen dan mahasiswa selama 3 bulan ini sebanyak Rp2,6 triliun. "Total anggaran ini Rp2,6 triliun untuk 3 bulan ke depan," kata Mendikbud saat menjadi narasumber pada dialog Mendedar Kuota Belajar yang disiarkan di Youtube FMB9, Rabu 3 Maret.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)