Bencana Indonesia Tahun 2020 Tertinggi di Dunia, Jokowi Sebut Perlu Ada Mitigasi

Rabu, 03 Maret 2021 - 15:26 WIB
loading...
Bencana Indonesia Tahun 2020 Tertinggi di Dunia, Jokowi Sebut Perlu Ada Mitigasi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia menghadapi 3.253 bencana pada 2020. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia menghadapi 3.253 bencana pada 2020. Artinya ada kurang lebih sembilan bencana setiap harinya. Angka itu didapatkan Jokowi dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo.

a

Menurut Jokowi, kunci utama dalam mengurangi risiko bencana terletak pada aspek pencegahan dan mitigasi. Ia pun selalu menyampaikan berulang-ulang bahwa hal ini sangat penting. Kepala Negara tidak ingin Indonesia terkesan reaktif, artinya baru pontang panting ketika bencana melanda.

"Saya melihat kunci utama dalam mengurngi risiko terletak pada aspek pencegahan dan mitigasi bencana. Ini yang selalu saya sampaikan berulang-ulan. Pencegahan. Jangan terlambat, ini bukan berarti aspek yang lain dalam manejemen bencana tidak kita perhatikan, bukan itu, tapi jangan juga kita bersifat reaktif saat bencana terjadi, kita harus persiapkan diri dengan antisipasi yang terencana baik," jelas Jokowi.

Dalam pembukaan Rakornas Penanggulangan Bencana 2021, turut hadir Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo. Selain di Istana, kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh jajaran BPBD.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)