Tegas Kritisi Legalisasi Miras, Amien Rais: Moral Bangsa sedang Dihancurkan

loading...
Tegas Kritisi Legalisasi Miras, Amien Rais: Moral Bangsa sedang Dihancurkan
Mantan Ketua MPR Amien Rais kritik keras kebijakan Presiden Jokowi terkait legalisasi miras di beberapa provinsi tertentu lewat Perpres Nomor 10 Tahun 2021. Foto/SINDOnews/Sutikno
JAKARTA - Mantan Ketua MPR Amien Rais mengkritik keras kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait legalisasi minuman keras (Miras) di beberapa provinsi tertentu lewat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021.

Baca juga: Pabrik Miras Dibolehkan di 4 Provinsi tapi Produknya Bakal Nyebar, Piye Jal?

"Saya yakin sebagian besar umat Islam terkejut, terperangah karena Pak Jokowi lewat Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2021, ternyata sudah melegalisasi perdagangan produksi dan juga konsumsi miras," kata Amien Rais dalam kanal YouTube Amien Rais Official yang diunggah Minggu (28/2/2021).

Baca juga: Perhatikan Kearifan Lokal, Pengamat: Perpres Miras untuk Menarik Wisatawan

Menurutnya, meski dalam Perpres itu disebutkan dibeberapa provinsi tertentu saja, hal tersebut sudah menjadi langkah atau keputusan yang fatal.



"Jokowi, sudah membuat langkah yang fatal, secara moral, secara politik karena jelas sekali yang dilakukan pak Jokowi itu, adalah menabrak langsung ketentuan Alquran, dimana khamar atau miras itu dan judi merupakan dosa besar," tegasnya.

Baca juga: Soal Perpres Miras, Muhammadiyah: Pemerintah Seperti Kehilangan Akal Cari Uang

Dalam video berdurasi 8 menit 12 detik dengan judul 'Presiden Telah Menghancurkan Masa Depan Bangsa' itu Amien menyadur Surat Albaqarah ayat 219 untuk mengingatkan Presiden Jokowi. "Misalnya saudara-saudara sekalian ada larangan yang jelas sekali, tersebut dalam Albaqarah ayat 219," ungkap Amien Rais.

Dalam surat Albaqarah itu, Amien Rais di videonya membacakan ayat Alquran berserta artinya "Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Khamar dan judi.

Katakanlah, "pada kekduanya terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia. Tetapi dosanya lebih besar daripada manfaatnya." dan mereka menanyakan kepadamu (tentang) apa yang (harus) mereka infakkan. Katakanlah, "kelebihan (dari apa yang diperlukan)." Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayatNya kepadamu agar kamu memikirkan,"



"Itu artinya kita harus menjaga diri, tapi yang lebih jelas lagi adalah surat Almaidah Ayat 90 saya bacakan," ujarnya.

Bahkan kembali dijelaskan dalam surat Albaqarah itu:

"Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung,"
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top