Tak Punya Pengikut, Elektabilitas Puan Dinilai Wajar Kalah dari Habib Rizieq

loading...
Tak Punya Pengikut, Elektabilitas Puan Dinilai Wajar Kalah dari Habib Rizieq
Pengamat Politik UAI, Ujang Komarudin menilai wajar elektabilitas mantan Pemimpin FPI, Habib Rizieq Shihab lebih tinggi dari Ketua DPR, Puan Maharani dalam survei terbaru LSI terkait Pilpres 2024. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin menilai wajar elektabilitas mantan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab lebih tinggi dari Ketua DPR, Puan Maharani dalam survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Karena, kata Ujang, Habib Rizieq Shihab (HRS) memiliki banyak pengikut.

"Itu merupakan hal yang wajar. Karena HRS banyak pengikutnya. Walaupun jasadnya di penjara. Tapi elektabilitasnya mengalahkan tokoh-tokoh lain," ujar Ujang Komarudin dalam keterangannya, Rabu (24/2/2021). Baca juga: Prabowo Teratas, Ustaz Abdul Somad Melejit Kalahkan Mahfud dan Puan

Survei yang menunjukkan elektabilitas Habib Rizieq lebih tinggi dari tokoh-tokoh lain seperti Puan Maharani pun dianggapnya sangat menarik. "HRS yang dianggap sebagai tokoh yang kritis terhadap pemerintah, mampu unggul dari tokoh-tokoh yang bergabung di koalisi pemerintah," jelas Direktur Indonesia Political Review ini.

Ujang menambahkan sebagian masyarakat menganggap bahwa Habib Rizieq telah diperlakukan tidak adil. "Jadi masih banyak pihak yang bersimpati, dibuktikan dengan elektabilitas yang cukup lumayan," pungkasnya.



Sekadar diketahui, dalam kategori Top of Mind di survei LSI itu, Habib Rizieq berada di urutan ke-15 dengan 0,2%. Selain Habib Rizieq, ada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri BUMN Erick Thohir dan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi Golkar Dedi Mulyadi di urutan ke-15 dengan skor yang sama.

Sedangkan Puan Maharani hanya memperoleh 0,1% di urutan ke-16. Selain Puan Maharani, ada sejumlah tokoh di urutan dan skor yang sama.

Mereka adalah Presenter Najwa Shihab, Wali Kota Bogor Bima Arya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Faiq, Ariesta, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.



Kemudian Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Wiranto, dan Said Aqil Siradj. Pada kategori itu, sebanyak 45,3% responden belum menjawab. Baca juga: Kalah dari Habib Rizieq di Survei Capres, Puan Maharani Minim Pengaruh

Pada kategori simulasi semi terbuka, Habib Rizieq juga unggul dari Puan Maharani, putri Megawati Soekarnoputri itu. Habib Rizieq di urutan ke-15 dengan 0,7%, sedangkan Puan Maharani di urutan ke-20 dengan 0,2%. Pada kategori ini, sebanyak 10,4% responden belum menjawab.
(kri)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top