Dituduh Radikal, Din Syamsuddin Dibela

loading...
Dituduh Radikal, Din Syamsuddin Dibela
Sederet tokoh membela mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dari tuduhan radikal yang berujung pada pelaporan ke KASN. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Sederet tokoh membela mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dari tuduhan radikal yang berujung pada pelaporan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Laporan ke KASN ini dilakukan oleh Gerakan Anti Radikalisme (GAR) alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sejumlah tokoh yang membela Din antara lain Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti, mantan Menko Ekuin Rizal Ramli, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Anggota DPR Fadli Zon, Ketua PBNU Marsudi Syuhud, dan cendikiawan muslim, Azyumardi Azra.

Kemudian, dukungan untuk Din juga datang dari Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim, Jubir Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak, sosiolog Musni Umar, Imam Besar di Islamic Center of New York Muhammad Shamsi Ali, dan mantan Ketua Komisi Yudisial (KY) Aidul Fitriciada Azhari.

Baca juga: Din Syamsuddin Dicap Radikal, Dahnil Anzar Heran: Saya Enggak Habis Pikir



Secara garis besar, sederet tokoh itu heran tokoh sekaliber Din Syamsuddin dituduh radikal. Mereka menyampaikan pandangan serta kesaksiannya selama mengenal Din selama ini.

Abdul Mu'ti misalnya, ia mengatakan bahwa tuduhan radikal ke Din salah alamat. Ia mengenal Din sebagai tokoh yang sangat aktif mendorong moderasi beragama dan kerukunan intern dan antarumat beragama, baik di dalam maupun luar negeri.

"Tuduhan itu jelas tidak berdasar dan salah alamat," kata Mu'ti melalui keterangan tertulisnya kepada MNC Portal, Sabtu (13/2/2021).



Sementara itu, Hidayat Nur Wahid berujar selama ini dirinya mengenal Din sebagai tokoh moderat yang namanya dikenal, baik di dalam maupun di luar negeri.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top