Isu Kudeta Bikin AHY, Moeldoko dan Demokrat Semakin Populer

Kamis, 11 Februari 2021 - 09:59 WIB
loading...
Isu Kudeta Bikin AHY, Moeldoko dan Demokrat Semakin Populer
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (tengah). Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Isu kudeta di tubuh Partai Demokrat dinilai memiliki tren sentimen positif dan negatif bagi Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Direktur Eksekutif Indonesia Public Institut (IPI), Karyono Wibowo menyatakan, jika dicermati dari pemberitaan, sentimen isu tersebut bisa berdampak terhadap citra kelembagaan Demokrat sebagai partai politik dan juga pemerintah. Sebab isu ini dikaitkan dengan keterlibatan Moeldoko.

"Tetapi untuk mengukur besar kecilnya prosentase frekuensi dan sentimen positif-negatif secara kuantitatif tentu harus melalui penelitian semacam media tracking atau penelusuran pemberitaan yang terkait isu tersebut," ujar Karyono kepada SINDOnews, Kamis (11/2/2021).

Untuk saat ini, lanjut Karyono, keuntungan politik dari polemik pemberitaan tentang isu pengambilalihan kepemimpinan Demokrat adalah popularitas bagi AHY dan Moeldoko, dan Partai Demokrat.

Setidaknya, sambung dia, ketiga nama itu semakin dikenal luas masyarakat. "Bagi Moeldoko yang belum sepopuler AHY, bisa mendapat manfaat secara politik (political benefits), minimal namanya semakin dikenali publik," tuturnya.

Namun demikian, Karyono menilai dalam pertarungan politik elektoral dengan sistem pemilihan langsung, seorang kandidat calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) tidak cukup hanya memiliki ketenaran. Baca juga: Partai Demokrat Dalami Keterlibatan Kader Lain dalam Kudeta AHY

Untuk memenangkan kompetisi sekurang-kurangnya harus memiliki setidaknya enam modal, yaitu popularitas (popularity), disukai (likeable), dapat diterima (acceptable), tingkat keterpilihan (electability), uang (money) dan dukungan partai.

"Karenanya, semua kandidat baik Moeldoko maupun AHY tidak cukup hanya bermodalkan popularitas tetapi harus memiliki enam modal seperti tersebut di atas," tuturnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)