Cara Ibas Ajak Masyarakat Bertahan Hidup di Tengah Pandemi Corona

Rabu, 10 Februari 2021 - 19:01 WIB
loading...
Cara Ibas Ajak Masyarakat Bertahan Hidup di Tengah Pandemi Corona
Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) memberikan sejumlah pelatihan kepada pegiat UMKM. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi virus Corona (Covid-19) membuat semua lini kehidupan jadi terbatas, termasuk gerak para pegiat UMKM. Situasi ini tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja. Melihat adanya peluang dalam berniaga daring, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) memberikan sejumlah pelatihan kepada pegiat UMKM di daerah pemilihannya (Dapil) 7 Jawa Timur.

(Baca juga: RI Gelontorkan Rp32 Miliar untuk Bantu Palestina Hadapi Pandemi Covid-19)

Pelatihan yang diberikan kali ini bertajuk 'Trik Pemasaran Online Tanaman Hias di Magetan: Shop & Grow'. Acara ini diselenggarakan langsung di Magetan Green Garden, Desa Truneng, Kecamatan Sukomoro, dan dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari penjual, penggemar, dan pecinta tanaman hias, Rabu (10/2/2021).
Cara Ibas Ajak Masyarakat Bertahan Hidup di Tengah Pandemi Corona

Sebelumnya, Ibas, telah lebih dulu memberikan pelatihan ke sejumlah pegiat UMKM lain di Dapil 7. Pelatihan kali ini diberikan khusus kepada pegiat UMKM tanaman hias mengingat fenomena menjamurnya berbagai tanaman hias saat ini.

(Baca juga: Selama Pandemi, PMI Sleman Telah Makamkan 109 Jenazah Covid-19)

Melalui sambutan yang disampaikannya secara virtual, Ibas mengungkapkan bahwa tanaman hias cukup laris di pasaran. Sejumlah jenis tanaman pun tidak lupa disebutkannya, seperti aglonema, aukasia, janda bolong, dan lainnya. "Model-model tanaman hias itu bisa jadi bisnis. Kita jangan pernah takut mengambil kesempatan!" ujar Ibas penuh semangat.

Anggota Komisi VI DPR RI ini pun melanjutkan, pegiat UMKM harus memanfaatkan peluang yang ada saat ini dengan sebaik-baiknya. Selain minat pasar yang tinggi, pegiat UMKM di Magetan memiliki nilai lebih dalam hal media tanam. Di Magetan, kondisi tanahnya sangat subur dan cocok untuk pengembangan tanaman hias.

Akan tetapi, meski ada nilai lebih, Ibas mengatakan bahwa dirinya paham jika ada kendala yang membayangi pegiat UMKM tanaman hias. Salah satunya, sifat bisnis tanaman hias yang dibayang-bayangi sebutan 'Monkey Bisnis' alias tidak menentu. "Bapak Ibu sekalian, kita harus mencari cara untuk membantah anggapan tersebut dan mempertahankan bisnis ini," pesannya.

"Kita harus optimis melihat dan memanfaatkan peluang. Jangan pernah berhenti berusaha dan jangan kasih kendor. Tetap kreatif karena peluang itu selalu ada," lanjutnya.

Terkait peluang usaha, Ibas menerangkan bahwa dirinya dan Fraksi Partai Demokrat selalu berusaha agar UMKM tetap berjalan, sekalipun di tengah ketidakpastian akibat pandemi. Oleh karenanya, Ibas terus memperjuangkan dan memberikan sejumlah bantuan dari pemerintah; pun bagi mereka yang tetap kesulitan meski telah mendapat sejumlah bantuan dari pemerintah.

Ibas menegaskan, pemerintah tidak hanya berdiam diri di tengah kondisi ini. Ia juga menekankan bahwa dirinya terus aktif dan memberikan sejumlah saran ke pemerintah pusat, seperti halnya meminta penyaluran KUR (Kredit Usaha Rakyat) terus diberikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2943 seconds (0.1#10.140)