Dewan Pers Catat Tiga Hikmah Covid-19

Senin, 08 Februari 2021 - 10:22 WIB
loading...
Dewan Pers Catat Tiga Hikmah Covid-19
Ketua Dewan Pers M Nuh. Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Dewan Pers menggelar Konvensi Nasional Media Massa 2021 bertajuk 'Pers Nasional Bangkit dari Krisis Akibat Pandemi Covid-19 & Tekanan Disrupsi Digital' secara virtual dan hybrid di Candu Bentar, Ancol Jakarta Utara.

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh mengatakan ada tiga pelajaran yang diambil ketika menghadapi era pandemi Covid-19 . Pertama, perubahan. Menurut Nuh, dengan adanya Covid-19 tak hanya dunia media yang terdampak. "Oleh sebab itu mau tidak mau kita harus berubah," tegas Nuh di Ancol, Jakarta Utara, Senin (8/2/2021).

Nuh menambahkan, pelajaran kedua yakni tentang kebersamaan dalam membangun optimisme. "Media kita alhamdulillah insan pers terus menggelorakan optimisme dan empati publik itu. Karena jawaban saat kita menghadapi persoalan besar adalah opimisme dan empati publik," tambahnya.



Terakhir, Nuh mengingatkan pentingnya bagi insan pers yaitu bagaimana cara mengolah data menjadi informasi. "Pelajaran ketiga, jangan sekali-kali media abai terhadap data, tidak mampu mengelola data menjadi informasi. Kalau itu yang terjadi justru tidak mencerdaskan kehidupan bangsa, malah bodohin," jelasnya.

Baca juga: Peringati HPN Secara Virtual, PWI Jabar Bantu Warga-Wartawan Terdampak Pandemi COVID-19


Ia juga menuturkan, tema dalam HPN 2021 cukup tepat. "Tema yang diangkat tepat. Membangun ekosistem. Kalau kita pelajari evolusi bisnis awalnya monopoli, berkembang ke kompetisi. Kompetisi itu kalah dan menang 20 30 tahun lalu berkembang sekarang jadi sinergi dan berkembang menjadi ekosistem. Sejak 30 tahun lalu dirancang dengan menggunakan ekosistem. Selamat HPN 2021 selamat menjalani konvensi, dunia pers tetap jaya. Demokrasi berkualitas Indonesia tetap jaya," tutupnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)