Tak Biasa, Jokowi Sambut Tamu Negara di Istana Merdeka Bukan di Istana Bogor

Jum'at, 05 Februari 2021 - 11:16 WIB
loading...
Tak Biasa, Jokowi Sambut Tamu Negara di Istana Merdeka Bukan di Istana Bogor
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (5/2/2021). FOTO/CAPTURE/SINDOnews/DITA ANGGA RUSIANA
A A A
JAKARTA - Berbeda dari biasanya, kali ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut tamu negara yakni Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin di Istana Merdeka Jakarta. Seperti diketahui Presiden Jokowi lebih sering menerima tamu negara di Istana Kepresidenan Bogor.

Terkait hal ini Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan bahwa tak ada alasan khusus. "Enggak ada alasan khusus. Baik di Jakarta dan Bogor, Istana Kepresidenan," katanya saat dihubungi, Jumat (5/2/2021).

Menurutnya, baik di Istana Kepresidenan Jakarta maupun Istana Kepresidenan Bogor, rangkaian penyambutan tetap sama. "Yang utama rangkaian acara penyambutan baik di Jakarta maupun Bogor sama," ujarnya.



Seperti diketahui, pagi ini sebelum menuju Istana Merdeka rombongan PM Muhyiddin tidak melalui Jalan Medan Merdeka, melainkan mengitari area Monas (Monumen Nasional).

Kemudian rombongan disambut pasukan berkuda dari Monas menuju Istana Merdeka. Saat memasuki halaman Istana Merdeka PM Malaysia tersebut kemudian disambut tarian dan alunan musik tradisional Indonesia, termasuk pasukan yang mengenakan pakaian adat.

PM Muhyiddin tiba di Istana Merdeka disambut langsung Presiden Jokowi. Keduanya tampak memakai masker dan tak bersalaman karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19. PM Muhyiddin dan Presiden Jokowi sama-sama tidak didampingi Ibu Negara.



Keduanya lalu berbincang sambil menuju lokasi upacara penyambutan kenegaraan yang digelar di halaman Istana Negara. Upacara penyambutan dilakukan dengan dikumandangkannya lagu kebangsaan kedua negara dan juga diiringi dentuman meriam. Prosesi ini dilanjutkan dengan inspeksi pasukan oleh dua pemimpin negara. Setelah itu keduanya saling memperkenalkan delegasi yang ikut serta dalam pertemuan tersebut.

Selesai upacara kenegaraan, Presiden kemudian mengajak PM Muhyiddin masuk ke dalam Istana Merdeka untuk melakukan foto bersama dan mendandatangani buku tamu kenegaraan. Selanjutnya dilanjutkan pertemuan empat mata di veranda Istana Merdeka.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)