Sempat Keliling Area Monas, PM Malaysia Disambut Presiden Jokowi di Istana Merdeka

Jum'at, 05 Februari 2021 - 11:07 WIB
loading...
Sempat Keliling Area Monas, PM Malaysia Disambut Presiden Jokowi di Istana Merdeka
Presiden Jokowi menyambut PM Malaysia Muhyidin Yassin di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (5/2/2021). FOTO/CAPTURE/SINDOnews/DITA ANGGA RUSIANA
A A A
JAKARTA - Ada pemandangan menarik saat Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) . Rombongan PM Muhyiddin tidak melalui Jalan Medan Merdeka, melainkan masuk dan mengitari area Monas (Monumen Nasional).

Kemudian rombongan disambut pasukan berkuda dari Monas menuju Istana Merdeka. Saat memasuki halaman Istana Merdeka PM Malaysia tersebut kemudian disambut tarian dan alunan musik tradisional Indonesia. Termasuk pasukan-pasukan yang mengenakan pakaian adat.

Presiden Jokowi pun menyambut langsung PM Muhyiddin di depan pintu mobilnya. Keduanya tampak memakai masker dan tak bersalaman karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19. PM Muhyiddin dan Presiden Jokowi tidak didampingi oleh masing-masing Ibu Negara.



Kemudian keduanya berbincang sambil menuju lokasi upacara penyambutan kenegaraan yang digelar di halaman Istana Negara. Upacara penyambutan dilakukan dengan dikumandangkannya lagu kebangsaan kedua negara dan juga diiringi oleh dentuman meriam. Prosesi ini dilanjutkan dengan inspeksi pasukan oleh dua pemimpin negara. Setelah itu keduanya saling memperkenalkan delegasi yang ikut serta dalam pertemuan tersebut.

Selesai upacara kenegaraan, Presiden kemudian mengajak PM Muhyiddin masuk ke dalam Istana Merdeka untuk melakukan foto bersama dan mendandatangani buku tamu kenegaraan. Selanjutnya dilanjutkan pertemuan empat mata di veranda Istana Merdeka.

Ini merupakan kunjungan luar negeri pertama bagi PM Muhyiddin sejak dilantik Maret 2020, di mana Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjunginya.



Sejumlah menteri yang mendampingi Presiden Jokowi dalam penyambutan tersebut antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)