Hadi Tjahjanto: TNI Kawal dan Amankan Vaksin hingga Wilayah Terpencil

Sabtu, 30 Januari 2021 - 13:17 WIB
loading...
Hadi Tjahjanto: TNI Kawal dan Amankan Vaksin hingga Wilayah Terpencil
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan TNI mengawal dan mengamankan vaksin Covid-19 hingga wilyah pelosok. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya sudah melakukan pengawalan dan mengamankan distribusi vaksin Covid-19 hingga wilayah terpencil. Bahkan, TNI pada fasilitas kesehatan yang dimilikinya telah menyiapkan cool box untuk menyimpan vaksin tersebut.

"Dari penyediaan, pendistribusian vaksin ini sudah dilaksanakan TNI sampai ke wilayah terpencil dan di wilayah terpencil itu pun kita siapkan bagaimana sosialisasi ke masyarakat," kata Hadi dalam webinar 'Vaksin COVID-19 untuk Indonesia Bangkit', Sabtu (30/1/2021).

Prajurit TNI juga siap melakukan mobilisasi masyarakat di wilayah terpencil dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut. Semisal warga akan diantar ke fasilitas kesehatan yang melaksanakan vaksinasi. Kemudian mereka diantar lagi ke rumahnya masing-masing. Kemudian, TNI juga akan memonitor dan melakukan observasi kepada warga pasca vaksinasi.

(Baca: Terlibat Penanggulangan dan Vaksinasi Covid-19, Inilah 7 Peran TNI)

"Apabila TNI dilibatkan dalam penanganan vaksin masyarakat, kita akan besarkan skalanya, kita tambah personelnya, kita libatkan TNI di tempat faskes milik masyarakat dan pelaksanaannya akan kita bantu sehingga rencana vaksin covid untuk seluruh masyrakat bisa berjalan aman dan lancar," jelasnya.

Namun demikian, saat ini vaksinasi baru dilakukan kepada tenaga kesehatan dan petugas di lapangan yang berisiko tinggi terpapar virus corona. Dalam pelaksaan vaksinasi, TNI akan mengikuti Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) mulai dari registrasinya, screening, penyuntikan vaksin, Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), dan lain-lain.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)