Malam Ini Bulan Purnama Tepat di Atas Ka'bah, Berikut Tata Cara Mengecek Kembali Arah Kiblat

loading...
Malam Ini Bulan Purnama Tepat di Atas Kabah, Berikut Tata Cara Mengecek Kembali Arah Kiblat
Ilustrasi fenomena bulan purnama tepat di atas Kabah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Foto/Al Arabiya
JAKARTA - Fenomena langit langka akan terjadi pada Kamis (28/1/2021) pukul 12.43 malam waktu Makkah , Arab Saudi, atau Jumat (29/1/2021) WIB. Pada jam tersebut, publik Makkah akan melihat dengan mata telanjang bulan purnama muncul secara vertikal di atas Ka'bah di Masjidil Haram.

Bulan purnama di atas Ka'bah ini sangat jarang terjadi. Peristiwa selanjutnya akan terjadi pada 2038. Pada saat bulan pernama ini, umat Islam dapat mengecek kembali arah kiblat.

Baca juga: Fenomena Tanpa Bayangan di Ka'bah, Saatnya Luruskan Kiblat Lewat Purnama

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis tata cara mengecek kembali arah Kiblat yang bisa dilakukan pukul 04.43 WIB atau 05.43 WITA. Berikut tata cara mengecek kembali arah kiblat saat bulan purnama berada persis di atas Ka'bah:



Malam Ini Bulan Purnama Tepat di Atas Ka'bah, Berikut Tata Cara Mengecek Kembali Arah Kiblat


Untuk wilayah Timur Indonesia, memang tidak dapat melakukan langkah-langkah ini, karena bulan sudah terbenam pada saat fenomena terjadi.

Baca juga: Ini Cara Lihat Arah Kiblat, Momen yang Hanya Terjadi 2 Kali Setahun

Majed Abu Zahira, presiden Asosiasi Astronomi Jeddah, dalam wawancara dengan Al Arabiya, Senin (25/1/2021), mengatakan, bulan purnama akan sejajar dengan Ka'bah pada pukul 12.43.34 setelah tengah malam waktu Kerajaan Arab Saudi pada ketinggian 89,57,46 derajat dan piringannya diterangi sepenuhnya sebesar 99,9 persen pada jarak 381,125 km dari Bumi.

Fenomena langit dapat digunakan untuk mencari arah kiblat (arah menuju Ka'bah) dengan cara yang sederhana dari beberapa wilayah di dunia, karena umat Islam yang berada di lokasi geografis yang jauh dari Masjidil Haram dapat mengandalkan arah bulan yang menunjuk ke Makkah.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top