Tiga Pesan Ketua KPK Firli Bahuri untuk Para Wartawan

Minggu, 24 Januari 2021 - 17:26 WIB
loading...
Tiga Pesan Ketua KPK Firli Bahuri untuk Para Wartawan
Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan tiga pesan untuk para wartawan dalam kegiatan Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI). Foto/ist
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meminta wartawan proaktif membantu menemukan solusi atas persoalan bangsa. Ini merupakan satu dari tiga pesan yang disampaikannya dalam acara Buka Tahun Baru Bersama Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) XVI tahun 2021, Sabtu (23/1/2021).

“Yang pertama adalah, rekan-rekan wartawan harus meyakini dalam bekarya Allah menyertai. Sebagai konsekuensinya, wartawan harus proaktif dan tidak pasif dalam melihat dan ikut menyelesaikan berbagai persoalan yang ada. Tanpa keyakinan ini, kita tidak memiliki roh atau spirit dalam bekerja,” ujar Firli.

(Baca: 1 Wartawan Dipanggil Ditreskrimum Polda Jabar, Klarifikasi Kasus Pencemaran Nama Baik)

Kedua, Firli mengatakan Indonesia membutuhkan wartawan terutama pada masa pandemi ataupun bencana. Di tengah ancaman tertular Covid-19, rela berkorban dan simpati adalah spirit yang perlu dibangun wartawan dalam bertugas. Jika wartawan tidak rela berkorban, situasi bakal sulit teratasi karena tidak ada informasi yang masuk kepada pemerintah.

Ketiga, Firli berharap wartawan menjadi sumber inspirasi bagi semua kalangan, baik pemerintah maupun masyarakat luas. Dalam konteks ini, para wartawan tanpa terkecuali sedang melaksanakan amanat undang-undang, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, membangun sikap solidaritas dan gotong royong, serta sekaligus membangun sikap bersahaja.

“Tanpa spirit bersahaja, solidaritas tidak mungkin akan terbangun. Dalam masa sulit ini, solidaritas harus ditampilkan dengan bersahaja,” tegas Firli.

(Baca: Ibunda Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar Meninggal, Dimakamkan Hari Ini di Medan)

Firli merupakan salah satu penerima Anugerah “Terima Kasihku Kepadamu” dalam kegiatan Buka Tahun Baru Bersama PWKI kali ini. Tokoh lain yang menerima penghargaan ini adalah Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Perancang Busana Anne Avantie sebagai wanita inspiratif.

Buka Tahun Baru Bersama adalah tradisi tahunan PWKI sejak 2005 yang bertujuan memberi semangat nasionalisme dan patriotisme. Pada 2020, pada acara Buka Tahun Baru Bersama XV tahun 2020, Firli Bahuri menjadi narasumber dihadapan ratusan wartawan Katolik Jakarta, yang diselenggarakan di Gedung Lemhannas, Jakarta.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)