Kirim Relawan Bantu Penanganan Gempa Sulbar, Ganjar: Murni Kemanusiaan

Minggu, 24 Januari 2021 - 12:02 WIB
loading...
Kirim Relawan Bantu Penanganan Gempa Sulbar, Ganjar: Murni Kemanusiaan
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melepas bantuan untuk penanganan gempa Sulbar. (Istimewa)
A A A
SEMARANG - Sebanyak 15 relawan dan bantuan logistik yang dikirimkan Provinsi Jawa Tengah untuk membantu penanganan bencana gempa Sulawesi Barat (Sulbar) sudah tiba. Gubernur Sulawesi Barat, Andi Ali Baal Masdar dikabarkan telah berkomunikasi dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terkait bantuan itu.

"Iya, pak Gubernur (Sulbar) sudah WA ke saya, beliau sampaikan terimakasih karena teman-teman dari Jateng sudah datang. Saya juga sudah mendapat laporan dari teman-teman relawan itu bahwa mereka sudah datang dan mengirimkan foto. Sekarang masih kami pantau terus menerus," kata Ganjar ditemui usai mengikuti acara doa bersama lintas agama di Gradhika Bhakti Praja, Jumat (22/1/2021).

Ganjar mengatakan, tak hanya untuk Sulawesi Barat, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan terkait bencana banjir yang ada di sana. Dari laporannya, kondisi Kalsel sejauh ini masih bisa ditangani.

"Saya telpon pak Wagub Kalsel, beliau sampaikan selama ini masih bisa dihandle karena pak Presiden sudah turun dan banjirnya sudah surut. Tapi saya sampaikan, kalau nanti harus membantu kami siap," tegasnya.

Komunikasi yang terjalin ini lanjut Ganjar merupakan hal yang sangat positif. Hal itu lanjut dia membuat Indonesia semakin kuat, karena sakitnya Sulawesi Barat, Kalsel, Jabar, Jatim, Jateng dan daerah lain adalah sama.

"Maka kalau kita melakukan kepedulian itu, akan sangat baik demi merawat persatuan," tegasnya.

Meski begitu, Ganjar juga mendengar ada pihak yang nyinyir dengan cara Ganjar mengirimkan bantuan ke Sulbar itu. Mereka beranggapan, bahwa Jateng juga sedang dilanda bencana, kenapa harus membantu daerah lain.

"Saya jawab iya, kita harus membantu daerah lain. Mereka suatu ketika juga akan membantu kita kalau sedang dilanda bencana. Sakit dan senang itu harus bersama-sama, kita harus sengkuyung bareng dalam kondisi apapun," tegasnya.

Ganjar mengatakan tak memiliki niat apapun saat dirinya mengirimkan bantuan ke Sulbar. Menurutnya, cara itu murni untuk kemanusiaan dan merupakan komunikasi yang baik untuk membuat hubungan antar daerah dan antar anak bangsa terjalin harmonis.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengirimkan 15 relawan untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Sulawesi Barat pada Rabu (20/1). Selain relawan, Ganjar juga mengirimkan bantuan berupa uang tunai Rp500 juta dan bantuan dalam bentuk logistik senilai Rp269 juta. (sindonews)
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)