Terpilih Kapolri, Bara JP: Komjen Listyo Sigit Punya Banyak PR Benahi Polri

Jum'at, 22 Januari 2021 - 14:18 WIB
loading...
Terpilih Kapolri, Bara JP: Komjen Listyo Sigit Punya Banyak PR Benahi Polri
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers usai mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Lobi Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021). Foto/Okezone/Atif Julianto
A A A
JAKARTA - Terpilihnya Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri baru diharapkan menjadi momentum pembaruan di tubuh kepolisian. Banyak pekerjaan rumah (PR) Listyo Sigit membenahi Polri.

Selain itu, diharapkan Polri benar-benar akan jadi pengayom dan pemberi rasa aman bagi masyarakat. "Kita berharap Polri akan terus berjalan ke arah yang lebih baik, berbenah agar Polri benar- benar menjadi penjaga ketertiban masyarakat, berbenah agar polisi semakin efektif dan lebih cepat menangani dan menjawab berbagai persoalan keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat," kata Ketua Umum Barisan Relawan Jalan Perubahan (Bara JP), Viktor S. Sirait di Jakarta, Jumat (22/1/2021).

Selain pengayom masyarakat, Polri harus menjadi sahabat masyarakat. Citra Polri harus terus semakin baik ke depan. "Dan kami yakin Pak Sigit akan membawa Polri semakin baik ke depan," tandasnya

Viktor memberi apresiasi kepada Listyo Sigit yang membeberkan 10 program di depan Komisi III DPR, Rabu, 20 Januari 2021. Ia melihat jika program tersebut serius dilaksanakan maka polisi akan lebih efektif dan lebih terlihat perannya di masyarakat.

Viktor menyinggung program Listyo Sigit yang akan menghilangkan sistem tilang di lapangan dan diganti dengan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang berbasis elektronik dalam penegakan hukum lalu lintas. Dengan adanya ETLE, polisi lalu lintas (Polantas) yang bertugas di lapangan nantinya hanya mengatur lalu lintas tanpa melakukan penilangan.

"Inikan tidak akan membuang waktu, baik bagi pengendara maupun polisi. Selain itu akan menghilangkan praktik pemberian uang di lapangan yang selama ini sering terjadi," tuturnya. Baca juga: Jalan Mulus Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

Ia juga setuju dengan janji Listyo Sigit mengenai penyelesaian kasus hate speech terkait kasus ujaran kebencian. Menurut Viktor, polisi tak harus repot setiap hari harus mengurus ujaran kebencian di media sosial jika kadarnya biasa.

"Namun seperti yang disampaikan Pak Listyo Sigit di Komisi III DPR, jika ujaran kebencian sudah sampai pada taraf SARA dan memecah belah kesatuan bangsa, maka polisi harus bertindak tegas dan tidak ada toleransi. Kita butuh polisi yang tegas," ucapnya.

Seperti diketahui, Komisi III DPR telah menyetujui Listyo Sigit menjadi Kapolri terpilih menggantikan Jenderal Idham Azis. Dalam fit and proper test di DPR, Listyo membeberkan 10 program yang akan dilakukan setelah dilantik menjadi Kapolri.

Berikut 10 program Listyo Sigit tersebut:
1. Perluasan ETLE dan larangan tilang polisi. Penegakan hukum berbasis elektronik di bidang lalu lintas, termasuk di antaranya adalah Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Dengan adanya ETLE, polisi lalu lintas (Polantas) yang bertugas di lapangan nantinya hanya mengatur lalu lintas tanpa melakukan penilangan.

2. Menghidupkan Pam Swakarsa atau Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Pam Swakarsa akan diintegrasikan dengan perkembangan teknologi informasi dan fasilitas-fasilitas yang ada di Polri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)