UGM Beri Gelar Profesi Insinyur ke Sakti, Hasto, dan Menteri Timor Leste

Selasa, 19 Januari 2021 - 15:00 WIB
loading...
UGM Beri Gelar Profesi Insinyur ke Sakti, Hasto, dan Menteri Timor Leste
Kiri ke kanan: Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dan Menteri Pertanian dan Perikanan Timor Leste Pedro dos Reis
A A A
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) memberikan gelar profesi insinyur kepada tiga lulusan yang dilantik Selasa (19/1/2021) hari ini.

Ketiga lulusan insinyur ini adalah Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto dan dua menteri yang berasal dari Indonesia dan Timor Leste.

Dua menteri itu, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono dan Menteri Pertanian dan Perikanan Timor Leste Pedro dos Reis.

Sementara Pedro hadir secara daring dari Timor Leste. Di acara itu, hadir juga Ketua Umum Perhimpunan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto dan Dirjen Dikti Kemendikbud Nizar.

Prosesi pelantikan dimulai dengan pembacaan janji profesi insinyur yang dipandu oleh Heru Dewanto. Lalu diikuti dengan penyerahan sertifikat profesi insinyur, dan pemberian helm tanda profesi insinyur utama sudah sah.

Wakil Rektor UGM, Prof Djagal Wiseso Marseno mengaku bangga karena pelantikan kali ini membantu UGM memecahkan rekor dengan telah melantik 1367 lulusan berprofesi insinyur. Diharapkan semua lulusan ini bisa berkontribusi secara nyata dalam pembangunan Indonesia.

"Jika di China terbanyak insinyurnya, bertumpu pada profesionalisme insinyur dan manajemen pengelolaan Iptek-nya. Dan kini China leading dalam banyak hal. Oleh karenanya, menjadi langkah kita adalah mencetak insinyur profesional sehingga bisa berkontribusi pada pembangunan Indonesia,"tutur Prof. Djagal Wiseso Marseno.

Dekan Fakultas Teknik UGM, Ali Agus, mengakui pelantikan kali ini memang menjadi istimewa. Karena keberadaan dua orang menteri dari dua negara dengan ditambah keberadaan Hasto Kristiyanto, sebagai pesertanya.

"Kita tahu PDIP itu membela rakyat kecil yang simbolnya adalah kepala banteng," kata Ali Agus.

Dijelaskannya, program profesi insinyur ini bukan hanya memastikan gelar insinyur, tapi juga sertifikasi insinyur profesional , hingga kartu kesatuan alumni UGM (Kagama). "Selamat mengabdi dalam profesi keinsinyuran di tempat masing masing," kata Agus Ali.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)