PKB Yakin Langkah Listyo Sigit Menuju Kursi Kapolri Mulus, Ini Alasannya

Rabu, 13 Januari 2021 - 18:40 WIB
loading...
PKB Yakin Langkah Listyo Sigit Menuju Kursi Kapolri Mulus, Ini Alasannya
Ketua Fraksi PKB di DPR Cucun Ahmad Sjamsurijal. Foto/Istimew
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan nama Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR.

Ketua Fraksi PKB di DPR RI Cucun Ahmad Sjamsurijal menilai rekam jejak dan prestasi Listyo Sigit meyakinkan. Sigit layak menjadi penerus Jenderal Pol Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun.

“Kami menilai dari rekam jejak dan prestasi Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo cukup meyakinkan untuk menduduki jabatan sebagai Kapolri. Saya yakin proses fit and proper test di DPR akan berjalan mulus,” kata Anggota Komisi III DPR itu, Rabu, (13/1/2020).



Dari sisi pengalaman, kata Cucun, rekam jejak Komjen Sigit juga mumpuni. Lulusan Akpol 1991 tersebut telah pernah menduduki jabatan Kapolres di tiga wilayah yakni Pati, Sukoharjo, dan Surakarta.

Komjen Sigit juga pernah menduduki jabatan sebagai Direktur Reskrim Polda Sulawesi Selatan dan Kapolda Banten. Selain itu, Komjen Sigit juga pernah menduduki kursi Kadiv Propam Mabes Polri, sebelum terpilih sebagai Kabareskrim. “Pengalaman Komjen Pol Sigit dalam menduduki berbagai jabatan strategis di Polri juga relatif lengkap,” ujarnya.

Cucun menambahkan, prestasi dan rekam jejak Komjen Sigit diperlukan untuk membawa institusi Polri tambah profesional, modern, dan terpecaya. Apalagi tantangan Indonesia sebagai bangsa juga kian berat.

Upaya pengendalian Covid-19, kata dia, membutuhkan peran aktif Polri dalam menegakkan protokol kesehatan. Selain itu, upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi juga membutuhkan soliditas dan peran serta Polri sebagai pengayom masyarakat.

“Kita nanti lihat bersama bagaimana visi dan misi Komjen Sigit dalam mengelola institusi Polri dalam fit and proper test di Komisi III. Kita tentu berharap bersama jika Komjen Sigit akan mampu membawa Polri semakin profesional dan dicintai rakyat,” harap Cucun.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2904 seconds (0.1#10.140)