Listyo Sigit Hampir Pasti Calon Kapolri, ABJ: Semoga Fit and Proper Test Lancar

Rabu, 13 Januari 2021 - 11:30 WIB
loading...
Listyo Sigit Hampir Pasti Calon Kapolri, ABJ: Semoga Fit and Proper Test Lancar
Calon Kapolri disebut-sebut sudah hampir pasti adalah sosok Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Sekarang tinggal teknis penyampaian ke DPR untuk proses fit and proper test. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Calon Kapolri pengganti Jenderal Pol Idham Azis disebut-sebut sudah hampir pasti adalah sosok Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo . Sekarang tinggal teknis penyampaian ke DPR untuk proses fit and proper test.

”Benar seperti itu. Namun sekali lagi, ini kan proses politik dan merupakan hak prerogatif presiden, jadi sebaiknya tunggu saja Surpres yang dikirim ke DPR,” kata Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas kepada media di Jakarta, Selasa (10/01/2020). (Baca juga: Antar Surpres Calon Kapolri, Mensesneg Tiba di DPR)
Listyo Sigit Hampir Pasti Calon Kapolri, ABJ: Semoga Fit and Proper Test Lancar

Mengenai proses Presiden Jokowi memutuskan calon Kapolri, menurut Umbas, sepengetahuannya dilakukan secara normatif dan tetap akomodatif. ”Yang kami ikuti dari internal Beliau, Presiden secara objektif dan terukur telah melihat dan mempertimbangkan semua calon yang diusulkan lalu memutuskan satu nama. Beliau mengkomunikasikan dengan pimpinan partai pendukung agar punya spektrum pandangan yang sama hingga kemudian pilihan presiden tersebut disepakati,” ujarnya. (Baca juga: Nama Komjen Listyo Sigit Menguat Jadi Kapolri, Ini Profilnya)

Meski demikian, ia melihat, proses penetapan calon Kapolri tidaklah mudah. Jokowi harus mempertimbangkan berbagai aspek serta dinamika politik, hukum dan keamanan nasional. ”Tetapi pada dasarnya lima calon yang diusulkan oleh Kompolnas sama-sama punya kualifikasi mumpuni, sehingga siapa pun pilihan Presiden pasti yang terbaik,” tandasnya.

Jika nama Listyo Sigit Prabowo (Akpol 91) telah resmi diajukan, ia berharap proses di DPR akan berlangsung dengan lancar. ”Sebagai pendukung Pak Jokowi kami berharap pilihan beliau bisa dikawal dengan baik oleh partai pendukung di DPR sehingga tahapan fit and proper test berjalan lancar,” tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0960 seconds (0.1#10.140)