Plus Minus AHY dan Cak Imin di Pilpres 2024

Senin, 11 Januari 2021 - 08:19 WIB
loading...
Plus Minus AHY dan Cak Imin di Pilpres 2024
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (Cak Imin) disebut memiliki kans yang sama untuk bertarung di Pilpres 2024. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (Cak Imin) disebut memiliki kans yang sama untuk bertarung di Pilpres 2024 mendatang. Sebab, kedua pemimpin parpol ini kerap terjaring oleh sejumlah lembaga survei.

(Baca juga : Suara Kritis Elite Demokrat, PKS, dan PAN Cepat Tenggelam, Kenapa? )

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago pun memberikan gambaran tentang dua sosok politikus ini. Menurutnya, AHY sebetulnya punya kans bisa menjadi pemimpin masa depan.

"Sepanjang beliau tetap konsisten memperjuangkan aspirasi rakyat dan selalu konsisten membela hak-hak rakyat," kata Pangi saat dihubungi SINDOnews, Senin (11/1/2021). (Baca juga: Capres 2024, AHY-Cak Imin Dinilai 'Perkawinan' Militer dan Santri Modern )

Pangi menuturkan, seharusnya momentum itu bisa dimanfaatkan oleh Partai Demokrat, dengan memunculkan figur AHY menjadi antitesis dari the rulling party. Sebab, dengan begitu, AHY bisa mendapatkan keuntungan elektoral ketika figur yang selama ini diharapkan rakyat, namun terkesan mengecewakan. Dampaknya, ada elektabilitas yang tergerus, ada pula yang mendapatkan limpahan elektoral tersebut.

(Baca juga : Harga Cabai Naik Tinggi, Mendag Lutfi Minta Maaf )

Pangi melanjutkan, hal yang sama juga dialami Cak Imin yang disebutnya punya kans menjadi pemimpin di masa yang akan datang. Kapasitasnya sebagai politisi dari basis pemilih Islam bisa menjadi representasi dari politisi santri modern.

"Namun Cak Imin tidak terlalu diuntungkan dengan posisinya yang bukan menjadi antitesis memperjuangkan hak-hak rakyat," katanya. (Baca juga: Cak Imin Yakin PKB Bisa Tembus Tiga Besar di Pemilu 2024 )

Lebih lanjut Pangi mengatakan, posisi Demokrat sekarang jauh lebih diuntungkan karena faktor AHY, ketimbang Cak Imin di PKB. Melihat kecenderungan ini, dibutuhkan strategi yang tepat oleh Demokrat dan PKB dalam mempromosikan kedua tokoh ini sebagai ikon mereka.

(Baca juga : Vaksin Sinovac Dinyatakan Halal, Begini Pandangan Ahli Epidemiologi )

"Cak Imin dan AHY tetap punya kans menjadi capres/cawapres 2024, karena itu tadi punya tiket dari cluster ketua umum partai. Setiap ketua umum partai otomaticly sudah punya tiket untuk menjadi capres/cawapres, tinggal bagaimana kepiawaian dan kemahiran beliau agar mulus menjadi kontestan yang akan berlaga pada pilpres 2024," katanya.
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1293 seconds (10.177#12.26)