Ditanya Hari Pelaksanaan Vaksinasi, Jokowi: Tunggu Izin BPOM

Jum'at, 08 Januari 2021 - 15:54 WIB
loading...
Ditanya Hari Pelaksanaan Vaksinasi, Jokowi: Tunggu Izin BPOM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan distribusi tahap awal vaksin sudah dilakukan ke seluruh Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan distribusi tahap awal vaksin sudah dilakukan ke seluruh Indonesia. Dia mengatakan bahwa vaksinasi akan dilaksanakan minggu depan. Namun terkait hari pastinya Jokowi menegaskan bahwa harus menunggu izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization (EUA) dari BPOM.

“Terus pertanyaannya vaksinasinya kapan? Kalau ada yang bertanya seperti itu saya jawab minggu depan. Harinya apa? Saya jawab, menunggu yang namanya izin penggunaan darurat dari BPOM. Tahapan itu harus kita lalui,” katanya saat membagikan bantuan modal kerja kepada para pedagang mikro dan kecil di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (8/1/2021). (Baca juga: Epidemiolog Sarankan Pemerintah Pilih Skenario Terburuk Atasi Pandemi Covid-19)

Dia menegaskan jika izin tersebut belum terbit maka vaksinasi belum bisa dilakukan. “Kalau izin penggunaan darurat itu belum keluar dari BPOM ya kita belum bisa vaksinasi,” ungkapnya. (Baca juga: Pemerintah Tanggung Biaya Perawatan Jika Terjadi Efek Samping Vaksin Covid-19)

Ditanya Hari Pelaksanaan Vaksinasi, Jokowi: Tunggu Izin BPOM


Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengaku tidak tahu pasti kapan izin tersebut keluar. Namun dia berharap agar izin penggunaan darurat bisa segera keluar sehingga vaksinasi bisa segera dilakukan. “Saya engga tahu keluarnya kapan. Bisa hari ini, bisa Senin, bisa Selasa. Tapi kita harapkan izin penggunaan darurat itu segera bisa dikeluarkan oleh BPOM. Sehingga nanti yang pertama kali disuntik saya,” pungkasnya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)