Deretan Sekjen Parpol yang Menjabat sebagai Anggota DPR, Siapa Saja?

Kamis, 07 Januari 2021 - 19:25 WIB
loading...
Deretan Sekjen Parpol yang Menjabat sebagai Anggota DPR, Siapa Saja?
Sejumlah sekjen parpol juga tercatat menjabat sebagai anggota DPR RI. Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Ternyata tak cuma tiga ketua umum partai politik (parpol) yang hingga kini juga tercatat sebagai wakil rakyat di Senayan. Sejumlah sekjen parpol juga tercatat menjabat sebagai anggota DPR RI.

(BACA JUGA : Renovasi Pertama Sejak 42 Tahun, Jokowi Resmikan Pemugaran Masjid Istiqlal )

Di antara mereka, ada yang menjadi sekjen parpol sejak awal periode DPR 2019-2024, ada pula yang di tengah masa tugas sebagai anggota DPR lalu menjadi sekjen parpol . Tapi, ada pula yang terlebih dahulu menjadi sekjen parpol, kemudian dilantik menjadi anggota DPR hasil Pergantian Antar Waktu (PAW).

( ).

Menariknya, ada pula Arwani Thomafi , anggota DPR RI asal Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yangmundur dari jabatan anggota DPR RI agar bisa fokus menjalankan tugas sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP, partai yang kini dipimpin oleh Suharso Monoarfa.

Dengan mundurnya Arwani, tercatat saat ini ada enam orang sekjen partai politik yang menjadi anggota DPR RI atau wakil rakyat di Senayan.( ).

Enam orang itu bukan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) maupun Partai NasDem. Sebab, Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), sedangkan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto hanya fokus pada jabatan partai itu.

(BCA JUGA : Merger Unicorn, Gojek-Tokopedia Lebih Disambut Dibandingkan Grab )

Berikut enam sekjen parpol yang juga anggota DPR RI:

1. Lodewijk Freidrich Paulus
Deretan Sekjen Parpol yang Menjabat sebagai Anggota DPR, Siapa Saja?

Lodewijk Freidrich Paulus (kanan) bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto/Dok SINDOnews

Sekretaris Jenderal Partai Golkar ini adalah legislator asal Daerah Pemilihan Lampung I meliputi wilayah Lampung Selatan, Bandar Lampung, Pesawaran, Tenggamus, Pringsewu, Lampung Barat, Pesisir Barat, dan Kota Metro.

Pria kelahiran Manado, 27 Juli 1957 itu berhasil meraih 35.199 suara di daerah pemilihan Lampung I itu. Lodewijk tercatat sebagai anggota DPR RI nomor 281.

(BACA JUGA : Pimpinan DPR Sebut Belum Ada Agenda Uji Kelayakan Calon Kapolri )

Mantan Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI ini duduk di Komisi I DPR RI yang membidangi pertahanan, luar negeri, serta komunikasi dan informatika.

Lodewijk ditunjuk sebagai Sekjen Partai Golkar pada awal 2018 menggantikan Idrus Marham.

2. Ahmad Muzani
Deretan Sekjen Parpol yang Menjabat sebagai Anggota DPR, Siapa Saja?

Ahmad Muzani. Foto/Dok SINDO

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra ini juga merupakan legislator asal Daerah Pemilihan Lampung I. Di daerah pemilihan itu, Muzani meraih suara 61.995.

Pria kelahiran Tegal, 15 Juli 1968 itu juga menjabat wakil ketua MPR RI. Dia tercatat duduk di Komisi II DPR RI membidangi pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah, aparatur dan reformasi birokrasi, kepemiluan, pertanahan serta reforma agraria.

3. Teuku Riefky Harsya
Deretan Sekjen Parpol yang Menjabat sebagai Anggota DPR, Siapa Saja?

Teuku Riefky Harsya (kiri) bersama Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Foto/Dok SINDOnews

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat ini merupakan salah satu Wakil Ketua Komisi I DPR RI.

Pada periode 2014-2019, Teuku Riefky Harsya pernah menjabat Ketua Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan, olahraga dan sejarah.

Pria kelahiran Jakarta, 28 Juni 1972 ini adalah legislator asal Daerah Pemilihan Nanggroe Aceh Darussalam I.

4. Aboe Bakar Alhabsy
Deretan Sekjen Parpol yang Menjabat sebagai Anggota DPR, Siapa Saja?

Aboe Bakar Alhabsy. Foto/Dok SINDOnews

Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini merupakan anggota Komisi III DPR RI membidangi hukum, hak asasi manusia, dan keamanan.

Aboe adalah anggota DPR RI nomor 454. Pria kelahiran Jakarta, 15 Oktober 1964 itu adalah legislator asal Daerah Pemilihan Kalimantan Selatan I meliputi wilayah Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong, dan Balangan.

Di daerah pemilihan itu, Aboe Bakar Alhabsy meraih 142.414 suara. Dia ditunjuk sebagai Sekjen PKS dalam Sidang Musyawarah Majelis Syura PKS di Bandung, Senin 5 Oktober 2020.

5. Eddy Soeparno
Deretan Sekjen Parpol yang Menjabat sebagai Anggota DPR, Siapa Saja?

Eddy Soeparno. Foto/Dok SINDOnews

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) ini adalah legislator asal Daerah Pemilihan Jawa Barat III meliputi wilayah Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur.

Dia dipercaya sebagai wakil ketua Komisi VII DPR RI membidangi energi, riset dan teknologi, serta lingkungan hidup.

6. Hasanudin Wahid
Deretan Sekjen Parpol yang Menjabat sebagai Anggota DPR, Siapa Saja?

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (tengah), Sekjen DPP PKB Hasanuddin Wahid (kiri) bersama politisi PKB hadir pada pentas ketoprak humor bertajuk Satrio Tali Jagat di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (24/7/2020). Foto/Dok SINDOnews

Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini dilantik sebagai anggota DPR pengganti antarwaktu (PAW) 2019-2024 pada Rapat Paripurna, Senin 7 Desember 2020.

Dia legislator asal Daerah Pemilihan Jawa Timur V yang meliputi wilayah Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu.

Dia menggantikan Lathifah Shohib yang mundur dari Senayan karena maju sebagai calon bupati Malang, Jawa Timur.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2230 seconds (0.1#10.140)