Begini Jejak Digital 3 Calon Kapolri di Media Sosial

Kamis, 07 Januari 2021 - 17:02 WIB
loading...
Begini Jejak Digital 3 Calon Kapolri di Media Sosial
Sejumlah jendral bintang tiga disebut sebut-sebut bakal menjadi suksesor Jenderal Polisi Idham Aziz sebagai Kapolri. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah jendral bintang tiga di institusi Polri, yakni Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, dan Kabarhakam Komjen Pol Agus Andrianto disebut sebut-sebut bakal menjadi suksesor Jenderal Polisi Idham Aziz sebagai Kapolri.

(BACA JUGA : Jack Ma Makin Merana, Trump Bakal Larang Alibaba Investasi di AS )

Gatot dan Boy mewakili lulusan Akpol angkatan 88, sementara Agus angkatan 89. Lepas dari siapapun Kapolri nantinya, ketiganya memiliki sepak terjang berbeda di media sosial. Gatot yang kini menduduki jabatan paling tinggi di antara ketiganya diketahui paling diam di media sosial. Melalui akun instagramnya, @gatot_eddyp dia terakhir kali memposting kegiatannya saat kunjungan Presiden Jokowi ke Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 30 Januari 2019 lalu. (Baca juga: Istana Kirim Nama Calon Kapolri ke DPR Pekan Depan)

Dalam postingan yang disukai 494 dan 29 komentar. Gatot Nampak tengah berjalan bersama Presiden di lapangan desa yang menjadi tempat pendaratan helikopter. Dalam postingan itu, tampak helikopter EC-725 yang merupakan heli kepresidenan berada di belakang ke duanya. Melihat dari waktunya, Gatot kala itu diketahui masih menjadi Kapolda Metro Jaya dan berpangkat Irjen. Sementara di Twitter dan Facebook, Gatot tak terlihat suka memposting kegiatannya. Pengikutnya di akun Instagram mencapai 2.841 akun. (Baca juga: Kata IPW soal Bocoran Sosok Calon Kapolri Pengganti Idham)

Hal berbeda dilakukan Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar. Mantan Kapolda Papua dan Kadiv Humas Polri terakhir kali mencuit di akun twitternya @boyrafliamar pada 10 November 2017 lalu. Dalam postingan berisi empat slide itu, Boy menginformasikan empat pahlawan Papua.

(BACA JUGA : Ini Daftar Keanehan Penetapan Tersangka Habib Rizieq versi Pengacara )

Begini Jejak Digital 3 Calon Kapolri di Media Sosial


Sejak saat itu, Boy tak mencuit, akun medsos Boy Rafli yang memiliki 13.520 pengikut ditinggalkan begitu saja. Ia memilih aktif di Instagram melalui akun @boyrafliamar yang pertama kali memposting kegiatan dirinya pada 2 November 2015 lalu saat menjabat Kapolda Banten.

Sejak itu, Boy aktif di Instagram. Kegiatan saat menjabat Kapolda Banten, Kadiv Humas, Kapolda Papua, Wakalemdikpol, dan Kepala BNPT diposting melalui akun ini. Terakhir kali, Boy membagikan kegiatannya kepada 73,8 ribu pengikutnya saat memimpin rapat perdana 2021 di BNPT tiga hari lalu. “Tahun baru, semangat baru. Bagaimana dengan teman teman semua?,” tanya Boy melalui caption foto.

(BACA JUGA : Kata IPW soal Bocoran Sosok Calon Kapolri Pengganti Idham )

Sementara, Agus Andrianto yang kini menjadi Kabarhakam tercatat cukup sering mempostingnya kegiatan dirinya di Twitter dan Instagram. Dalam tiga hari terakhir, Agus tercatat sudah tiga kali mempostingnya. Meski demikian ia masih kalah tenar dibanding Boy, akun Twitternya, @agusandrianto89 hanya diikuti 157 pengguna twitter. Sementara akun instagramnya, @agusandianto.id tercatat telah diikuti 16,4 ribu pengguna.

Senada di Twitter, Agus mencuit dan memposting kegiatan dirinya saat memimpin sertijab di Kabarhakam. “Memimpin upacara sertijab 5 pejabat Utama Baharkam Polri,” katanya dalam caption.

Posting keduanya disebar ke dunia maya pada malam kemarin. Sementara di Facebook, dia terakhir kali memposting pada pada 27 April 2020. yan yusuf
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2148 seconds (0.1#10.140)