iNews Siang Live di iNews dan RCTI+ Minggu Pukul 11.00: Krisis Tempe

Minggu, 03 Januari 2021 - 11:03 WIB
loading...
iNews Siang Live di iNews dan RCTI+ Minggu Pukul 11.00: Krisis Tempe
Kenaikan harga kedelai dan mogok produksi dari para perajin tempe ini akan menjadi laporan iNews Siang hari ini. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Saat ini harga kedelai mencapai Rp9.200-Rp10.000/Kg, bahkan ada yang lebih tinggi lagi. Padahal biasanya harga normal di angka Rp6.500-Rp7.000 per Kg. Akibat kenaikan harga kedelai, pengusaha tempe di Jakarta dan Jawa Barat mogok produksi.

Tak pelak, tempe pun langka di pasaran. Tingginya harga kedelai terjadi karena kedelai masih harus diimpor.

Para perajin tempe dan tahu yang tergabung dalam Gakoptindo akan mogok produksi pada 1-3 Januari 2021. Aksi ini dilakukan untuk menyikapi harga kedelai yang terus naik dan berdampak kepada harga jual produksi tempe dan tahu.

Ketua Umum Gabungan Koperasi Tempe dan Tahu Indonesia (Gakoptindo) Aip Syarifuddin mengatakan, harga kedelai impor sudah naik hampir 50% dalam beberapa bulan terakhir. Awalnya tidak ada keinginan mogok produksi tetapi karena kedelai semakin susah diperoleh di pasaran sehingga mereka memutuskan mogok.

Kenaikan harga kedelai dan mogok produksi dari para perajin tempe ini akan menjadi laporan "iNews Siang" hari ini.

Selain itu "iNews Siang" akan hadirkan laporan langsung arus balik liburan Natal dan Tahun Baru dari bandara, terminal dan stasiun di ibu kota.

Terkait Covid-19 akan hadir dialog dengan tenaga kesehatan yang sudah menerima SMS konfirmasi penerima vaksin.

Saksikan selangkapnya dalam "iNews Siang" Minggu, 3 Januari 2021 pukul 11.00 WIB secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti pula program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)